Home / Media / Siaran Pers / Webinar Icmi Ketum Icmi Jumlah Mahasiswa Indonesia Di Mesir Terbanyak Dari Seluruh Dunia

Webinar ICMI, Ketum ICMI : Jumlah Mahasiswa Indonesia di Mesir Terbanyak dari Seluruh Dunia


Posted on Rabu, 23 Sep 2020 15:02 WIB


Webinar ICMI, Ketum ICMI : Jumlah Mahasiswa Indonesia di Mesir Terbanyak dari Seluruh Dunia

Webinar seri kemerdekaan dengan tema “Peran Mahasiswa dan Alumni Mesir” berhasil diselenggarakan pada hari Minggu, tanggal 6 September 2020 kemarin. Webinar ini dilatarbelakangi oleh peran Timur Tengah, khususnya negara Mesir terhadap kemerdekaan Republik Indonesia. Seperti yang tercatat dalam sejarah, Mesir adalah Negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia. Dalam perkembangannya, banyak sekali mahasiswa Indonesia yang belajar di Mesir, bahkan sebelum kemerdekaan tahu

Ketua Umum ICMI, Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie mengatakan bahwa mahasiswa Indonesia di Mesir adalah yang terbanyak dari seluruh dunia.  Hingga saat ini, jumlah mahasiswa Indonesia di Mesir sebanyak 7.856 orang. 

“Dengan jumlah yang banyak tersebut, harapan kedepannya mahasiswa ini bisa menjadi kader untuk meningkatkan kualitas, integritas dan pengalaman kaum muslim” ujar Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, Ketua Umum ICMI. 

Menanggapi hal tersebut Prof. Dr. Bachtiar Aly yang hadir sebagai Narasumber mengatakan bahwa sudah banyak alumni-alumni Mesir yang ikut gabung dalam gerakan Islam Indonesia.  “Alumni Mesir mulai mewarnai dakwah di Indonesia, agar bisa juga menjadi arsitek pembangunan spiritual dengan optimalisasi information technology (networking) dan akses grassroots untuk membangun sinergitas potensi Islam, optimalisasi PPMI, KBRI Kementrian Agama, Pemda, untuk Pembangunan Wisma” Ujarnya. 

Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie berharap bahwa upaya ICMI dalam membentuk kerjasama ini adalah dengan membangun ICMI Wisma Indonesia/Wisma Nusantara dan membentuk organisasi alumni Timur Tengah, khususnya Mesir.

Dalam Webinar tersebut dihadiri oleh Prof. Dr. Jymly Asshiddiqie, Prof. Dr. Bachtiar Aly, Dr. Zainul Majdi MA, dan Dr. Ing. Ilham A. Habibie yang dimoderatori oleh Drs. KH. Abdul Hamid.


Tags :