Home / Media / Siaran Pers / Rekomendasi Ikatan Cendikiawan Muslim Se Indonesia Icmi Terkait Covid 19

Rekomendasi Ikatan Cendikiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Terkait Covid-19


Posted on Rabu, 29 Apr 2020 11:23 WIB


Mahasiswa-Buruh Suarakan #GejayanMemanggil Tolak Omnibus Law

Sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19 saat ini, Ikatan Cendekiawan Muslim seIndonesia (ICMI) merekomendasikan agar Pemerintah melakukan hal-hal sebagai berikut:
 

1. Mengimplementasikan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sepenuhnya secara konsisten, tegas dengan sanksi jelas agar dapat memberikan kepastian kebijakan penanganan wabah Covid-l9 saat ini pada masyarakat.

2. Meningkatkan koordinasi antarlembaga serta mendorong peran serta semua kalangan dan partisipasi masyarakat secara luas agar mampu memenuhi kebutuhan pangannya secara mandiri sehingga tak terjadi tragedi krisis kelaparan yang dapat menimbulkan kisis sosial yang berlangsung pada era pandemik.

3. Meningkatkan pengamanan serta dukungan pada tenaga medis yang berada di garis depan penanggulangan wabah melalui ketercukupan penyediaan APD, penambahan peralatan Kesehatan, serta pengaturan sistem kerja yang lebih sehat.

4. Memperkuat ketahanan pangan untuk mencukupi kebutuhan pangan masyarakat selama masa bencana dan waktu sesudahnya, antara lain dengan mendorong pemanfaatan'lahan tidur', untuk mencegah terjadinya krisis pangan nasional.

5. Menggalang gerakan nasional untuk mendukung kemandirian ekonomi dengan melakukan gerakan menjadi produsen di negeri sendiri, gerakan menanam bahan pangan untuk kebutuhan sendiri, gerakan mengembangkan produk halalan thoyyiban, serta gerakan mencintai dan menggunakan produk dalam negeri.

6. Meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh untuk mendukung sistem belajar dari rumah sehingga seluruh siswa di Indonesia tetap dapat belajar secara optimal selama terjadinya wabah.

7. Melibatkan para tokoh agama secara lebih intensif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya dan cara pencegahan Covid-l9, serta perlunya penguatan kesehatan'jiwa raga antara lain melalui pendekatan spiritual.

8. Memberikan tugas secara khusus serta insentif bagi Perguruan Tinggi dan Badan badan penelitian seperti LIPI, BPPI dan Batan, dan sebagainya untuk mengembangkan teknologi penanggulangan wabah Covid-l9, serta penanganan kebencanaan lainnya.

9. Memfokuskan anggaran untuk penanggulangan wabah Covid-19, antara lain dengan menunda pembahasan Omnibus Law, rencana pemindahan ibukota, hingga penunjukan langsung mitra kerja untuk program pra-kerja dan lain-lainnya.

10. Mengedepankan kepentingan nasional dengan sepenuhnya menggunakan SDM Indonesia untuk menangani proyek-proyek pertambangan, serta konsultan nasional untuk program-program lembaga pemerintah serta BUMN.

11. Menghadapi normalitas bqJu (new normafi, Indonesia harus beradaptasi dengan konsekuensi pandemi Covid 19 yang ada, antara lain:

a. Interaksi onlineyang lebih dominan. 
b. Deglobalisasi. Kegiatan ekspor dan impor akan terhambat. Maka Indonesia harus mengurangi ketergantungan terutama pada raw material, dan perkuat manufaktur lokal. 
c. Konsentrasi kekuatan ekonomi pada UMKM dan UKM agar ketahanan ekonomi lebih kuat dan bertahan.


Tags : ICMI




Mahasiswa-Buruh Suarakan #GejayanMemanggil Tolak Omnibus Law
Rekomendasi Ikatan Cendikiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Terkait Covid-19
Sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19 saat ini, Ikatan Cendekiawan Muslim seIndonesia (ICMI) merekomendasikan agar Pemerintah melakukan hal-hal sebagai berikut:  
Rabu, 29 Apr 2020

Detail side

Media Terpopuler