Home / Berita / Berita Nasional / Tanggapi Banjir Icmi Sarankan Hulu Ke Hilir Dikelola Dengan Baik

Tanggapi Banjir, ICMI Sarankan Hulu ke Hilir Dikelola dengan Baik


Posted on Minggu, 5 Jan 2020 19:12 WIB


Tanggapi Banjir, ICMI Sarankan Hulu ke Hilir Dikelola dengan Baik

JAKARTA – Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Jimly Asshiddiqie meminta masyarakat agar tidak hanya berteori soal banjir, tetapi harus dikelola mulai dari hulu hingga ke hilirnya.

Menurutnya, di sektor hulu tidak hanya jumlah waduk yang diperbanyak tetapi juga waduk diperdalam dan diperluas, begitu pun saluran sungai yang perlu diperbesar dan diperdalam.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Jimly Asshiddiqie saat melakukan peninjauan bencana banjir di beberapa lokasi terdambak banjir, salah satunya Kelurahan Lenteng Agung, Sabtu (4/1).

Lebih lanjut, Jimly mengungkapkan, bencana banjir yang terjadi saat ini tidak bisa ditangani oleh satu provinsi saja karena bencana banjir kali ini terjadi di lintas provinsi, yaitu Jawa Barat, Banten serta DKI Jakarta.

“Buktinya karena DKI banjir Bekasi juga ikut banjir dan banjir itu terjadi karena di DKI sudah penuh, jadinya di Bekasi meluap, bahkan tinggi airnya ada yang sampai kepala, jadi antar provinsi terkena, jawa barat, DKI dan juga termasuk banten,” ujar Jimly.

Jimly lantas menyampaikan bencana yang sudah rutin terjadi tiap tahun ini jangan hanya ditangani dengan teori, apalagi teori itu belum terbukti. Menurutnya teori itu jangan dipakai untuk menyusun public policy.

“Kalau public policy itu tidak bisa berdasarkan teori tunggal, harus secara komprehensif, sudut pandang, semua ilmu pengetahuan, baru bisa dijadikan rumusan public policy,” ungkap Jimly.

Menurut dia, tidak ada gunanya mempertentangkan antara teori A dan teori B, itu sama halnya mempertentangkan antara naturalisasi versus normalisasi.

“itu kan berbahaya, jadi tidak usah saling memperdebatkan ide, tapi yang penting kerja konkrit,” beber Ketum ICMI itu.

Selain hulu ke hilir terkelola, lanjut Jimly, masyarakat juga disiapkan untuk bisa mengantisipasi bencana seperti ini.

“Misalnya punya sikap yang ramah terhadap alam, jangan menetap dibandaran sungai, jangan buang sampah sembarangan. Jadi kalau ada bencana banjir bisa sigap bertindak, sigap menyelamatkan diri dan sesama,” Imbau Jimly.**


Tags : Cendekiawan Muslim ICMI Peduli ICMI Pusat Indonesia Jaringan ICMI Kabar ICMI Kenegaraan Pengurus ICMI Sosial





Detail side

Berita Terpopuler