Home / Berita / Berita Nasional / Pernyataan Sikap Icmi Mengenai Penyerangan Israel Terhadap Palestina

Pernyataan Sikap ICMI mengenai Penyerangan Israel terhadap Palestina


Posted on Senin, 17 Mei 2021 12:32 WIB


Pernyataan Sikap ICMI mengenai Penyerangan Israel terhadap Palestina

Bismillahirrahmanirrahim

Ada dua peristiwa sejarah yang menjadi awal penjajahan lsrael terhadap Palestina. Pertama, Perjanjian Sykes-Picot (1916) antara lnggris dan Prancis yang membagi peninggalan Dinasti Ottoman diwitayah Arab. Ke&ita, Deklarasi Balfour (1917) yang mendukung adanya "Rumah Nasional untuk Orang Yahudi" di Palestina. Dalam Deklarasi Balfour ditekankan "...tidak ada yang boleh dilakukan yang merugikan hak sipil dan agama dari komunitas non-Yahudi di
Palestina". Namun, dalam implementasinya, negara lsrael berdiri sebagai manifestasi ide gerakan zionis dunia, yang menindas minoritas dalam negaranya sendiri, yakni warga lsrael non-Yahudi. lsrael juga bersengketa menuju ke perang dengan rakyat Palestina yang direbut wilayahnya untuk mendirikan negara lsraelnya.

Setelah menyaksikan kekerasan terkiniyang dialamisaudara-saudara kita di Palestina, lkatan Cendekiawan Muslim se-lndonesia (lCMl) mengambil sikap:

1. lCMl turut berduka cita yang mendalam atas banyaknya jatuh korban nyawa, termasuk anak-anak atas agresi lsrael, lebih lagi di saat umat lslam tengah melaksanakan lbadah di Bulan Suci Ramadan. lsrael telah melanggar prinsip-prinsip hukum internasional dalam piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Terutama keputusan PBB untuk Pendidikan, llmu Pengetahuan, dan Budaya (UNESCO) tahun 2016 yang menetapkan Masjid Al-Aqsa sebagai situs suci umat lslam. Maka, lCMl mengutuk dan mengecam lsrael yang meneror saudara-saudara kita yang khusyuk melaksanakan salat tarawih di Masjid Al-Aqsa hingga memakan korban luka-luka dan jiwa.

2. Dunia yang memiliki akal sehat dan hati nurani harus melawan kebiadaban lsrael, penyerangan kepada Umat lslam di Al Aqsa dan penyerangan di Gaza, bukanlah isu Agama, tetapi kejahatan kemanusiaan yang keluar dari nilai-nilai kemanusiaan.

Untuk itu, lCMl mengajak seluruh umat lslam bersama satu barisan membela dan membantu Palestina, serta seluruh warga dunia untuk bersama melawan kezaliman lsrael yang melakukan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

3. lCMl menganggap tindakan agresi merupakan penjajahan dan kejahatan kemanusiaan yang harus dihentikan. lCMl menilai, masalah kemanusiaan, khususnya hubungan antara lslam dan Barat, seperti konflik lsrael dan Palestina, dapat saja tuntas bila para pemimpin dunia, termasuk Amerika bersikap netral, tanpa ada keberpihakan. 

Maka, lCMl meminta para pemimpin dunia bersatu menyelamatkan warga Palestina. lCMl mendesak Pemerintah Amerika Serikat, yang selama ini menggembar-gemborkan penegakkan nilai demokrasi, untuk melakukan tindakan nyata menekan lsrael. lCMl juga mendesak PBB untuk menjatuhkan sanksi terhadap lsrael atas pelanggaran HAM berat.

4. lCMl menyambut baik langkah Pemerintah lndonesia yang sigap merespon dan berperan penting dalam membantu perjuangan kemerdekaan rakyat dan bangsa Palestina. Hal ini sejalan dengan semangat Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea 1 yang menyebutkan Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segata bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan."

Selanjutnya, lCMl meminta Pemerintah lndonesia, dan koalisi negara-negara lain agar lebih serius, agresif, dan inisiatif menggalang solidaritas dunia menyelesaikan pemberian Kemerdekaan penuh kepada Palestina yang sudah sangat lama dinantikan. Demikian Pernyataan Sikap ini dibuat. Semoga Allah Subhanahu Wa ta'ala senantiasa memberi kekuatan kepada kita semua.

 

Jakarta,

Senin, 17 Mei 2021

 

MAJELIS PENGURUS PUSAT IKATAN CENDEKIAWAN MUSLIM SE-INDONESIA

 

Ketua Umum,                                                                                                                   Sekretaris Jenderal,

 

Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, SH, MA                                                                                 Dr. Mohammad Jafar Hafsah, IPM


Tags : Cendekiawan Muslim ICMI ICMI Pusat Kenegaraan Keumatan Opini Politik




Ketua ICMI Jimly Asshiddiqie: Kita Tidak Butuh Masa Jabatan Diperpanjang
Ketua ICMI Jimly Asshiddiqie: Kita Tidak Butuh Masa Jabatan Diperpanjang
Kabar terkait adanya wacana masa jabatan Presiden menjadi tiga periode turut juga ditanggapi oleh Ketua Umum Ikatan cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie.
Jum`at, 19 Mar 2021
Ketua ICMI Jimly Asshiddiqie: Jika Hendak Netral, Jangan Sahkan Pengurus KLB
Ketua ICMI Jimly Asshiddiqie: Jika Hendak Netral, Jangan Sahkan Pengurus KLB
PR TASIKMALAYA- Polemik kudeta melalui Kongres Luar Biasa (KLB) yang terjadi dalam tubuh Partai Demokrat, turut ditanggapi oleh Pakar hukum tata negara yang juga Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie.
Senin, 8 Mar 2021
DPD-RI Minta Aturan Baru Soal Kewenangan di Lembaga Legislatif, ICMI Jabar Siap Berikan Dukungan
DPD-RI Minta Aturan Baru Soal Kewenangan di Lembaga Legislatif, ICMI Jabar Siap Berikan Dukungan
Bandung – Tidak terasa Keberadaan Dewan Perwakilan Daerah (DPD-RI)  sudah memasuki ke Periode  ke-4 masa bhakti 2019. Namun sejauh ini tidak memiliki kewenangan khusus seperti hanya para anggota DPR RI sehingga keberadaannya seperti tidak memiliki peran penting dalam lembaga legislatif.
Rabu, 17 Feb 2021
ICMI: Indonesia Harus Bangun SDM
ICMI: Indonesia Harus Bangun SDM
Perencanaan pembangunan jangan hanya menjadi alat untuk mengejar kepentingan ekonomi.
Minggu, 24 Jan 2021
ICMI Bicarakan Calon Kapolri Tunggal Komjen Listyo Sigit Prabowo
ICMI Bicarakan Calon Kapolri Tunggal Komjen Listyo Sigit Prabowo
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajukan Komjen Listyo Sigit Prabowo (LSP) sebagai calon Kapolri tunggal kepada DPR RI. Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie berharap Kapolri baru dekat dekat rakyat.
Kamis, 14 Jan 2021
Tiba-tiba Sampaikan Kabar Duka di AKhir 2020, Ketua ICMI Jimly Asshiddiqie: Mantan Menteri
Tiba-tiba Sampaikan Kabar Duka di AKhir 2020, Ketua ICMI Jimly Asshiddiqie: Mantan Menteri
Kabar duka didampaikan oleh Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie.
Jum`at, 1 Jan 2021
Dukung Merger Bank Syariah BUMN, ICMI: Integrasi Bukan Hal yang Mustahil!
Dukung Merger Bank Syariah BUMN, ICMI: Integrasi Bukan Hal yang Mustahil!
Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie mengatakan kehadiran Bank Syariah Indonesia patut disyukuri. Alasannya, bank ini membuktikan bahwa integrasi bisnis industri perbankan syariah bukan hal yang mustahil dilakukan.
Senin, 21 Des 2020
Jimly Asshiddiqie: Merger Bank Syariah Sudah Tepat
Jimly Asshiddiqie: Merger Bank Syariah Sudah Tepat
Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie menilai tepat penggabungan usaha (merger) tiga bank syariah milik Himbara, karena sesuai arahan yang disampaikan organisasi itu, pada beberapa tahun lalu.
Senin, 21 Des 2020
ICMI: Bank Syariah Indonesia Memperluas Market Share Keuangan Syariah
ICMI: Bank Syariah Indonesia Memperluas Market Share Keuangan Syariah
Ketua Umum ICMI, Prof. Jimly Asshiddiqie menyatakan dukungan penuh atas hadirnya Bank Syariah Indonesia yang baru terbentuk. Prof Jimly mengatakan bahwa sejak dua tahun lalu, ICMI memang sudah menyarankan agar dilakukan merger Bank Syariah guna memperkuat perekonomian Indonesia.
Jum`at, 18 Des 2020
Catatan Milad ICMI ke-30 dan Webinar Tema
Catatan Milad ICMI ke-30 dan Webinar Tema "Evaluasi Kritis Kondisi Nasional dan Global terhadap Kehidupan Berbangsa dan Bernegara"
Milad ICMI yang ke-30 merupakan usia yang cukup matang dalam ukuran dan perkembangan, suatu organisasi.
Rabu, 9 Des 2020
Bertempat di Gedung Merdeka,  Kota Bandung Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Milad Ke-30 ICMI
Bertempat di Gedung Merdeka, Kota Bandung Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Milad Ke-30 ICMI
Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) akan menggelar pertemuan nasional dalam bentuk Webinar untuk Peringatan Milad ICMI ke-30.
Rabu, 2 Des 2020
Pertemuan Nasional dan Milad ICMI Ke-30
Pertemuan Nasional dan Milad ICMI Ke-30
Pada Senin, 7 Desember 2020, Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) akan menggelar Pertemuan Nasional dan Webinar Peringatan Milad ICMI ke-30 dengan tema “Tantangan Indonesia di Kancah Dunia Pasca COVID-19".
Senin, 30 Nov 2020
Jimly Asshiddiqie: Ormas Tak Terdaftar Dapat Dinyatakan Organisasi Terlarang
Jimly Asshiddiqie: Ormas Tak Terdaftar Dapat Dinyatakan Organisasi Terlarang
FPI saat ini jadi perhatian setelah pimpinannya, Muhammad Rizieq Shihab atau Habib Rizieq kembali pulang ke Tanah Air dari Arab Saudi. Habib Rizieq sebelumnya menetap sekitar 3,5 tahun di Saudi.
Kamis, 26 Nov 2020

Detail side

Berita Terpopuler