Home / Berita / Berita Daerah / Ketua Icmi Jateng Islam Rahmatan Lil Alamin Tidak Menebarkan Kebencian

Ketua ICMI Jateng: Islam Rahmatan Lil'Alamin Tidak Menebarkan Kebencian


Posted on Senin, 27 Jan 2020 08:33 WIB


Ketua ICMI Jateng: Islam Rahmatan Lil'Alamin Tidak Menebarkan Kebencian

KARANGANYAR - Bukan Islam rahmatan lil ‘alamin, jika penampilannya, casingnya sudah membikin takut, menakutkan bagi siapapun, yang ada di dalam maupun di luar Islam. Islam yang baik, adalah yang menebarkan kebaikan, bukan kebencian, apalagi caci maki.

Hal itu dikemukakan Prof DR Suradi Widjaja Saputra, Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim (ICMI) Jateng, saat melantik pengurus ICMI Korda Karanganyar di pendapa rumah dinas Bupati Karanganyar, Jumat malam. 90 orang lebih pengurus ICMI Karanganyar diketuai DR Kadi Sukarno dan Sekretaris umum Prihanto.

Sedangkan Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan, ICMI lahir di saat umat Islam sudah merasa judeg dengan penampilan Islam di masa Orde Baru, yang terus dianggap sebagai sumber masalah bahaya laten, bersama komunis.

Dengan tampilnya ICMI diketuai Prof Habibi yang peduli dengan Islam yang bukan primordial dan lebih mengedepankan ke-Indonesiaan, maka Islam mulai bisa diterima dan masuk di level pemerintahan. Orang tidak takut lagi mengaku Islam, karena Islam sudah berubah petanya menjadi Indonesia.

Prof Suradi mengatakan, ada tiga ciri keislaman yang harus dikedepankan. Pertama Islam yang tampil sebagai khalifah. Manusia itu diciptakan sebagai penguasa bumi. Karena itu setiap tindaknya mesti berdampak baik bagi lingkungannya.

‘’Sebagai khalifah maka harus dipikirkan, yang pertama dan utama adalah kemanfaatannya pada lingkungan sekitarnya harus baik. Karena itulah Islam harus tampil memberi manfaat pada semuanya, pada sekitarnya,’’ kata dia.

Kedua orang Islam diciptakan semata-mata untuk beribadah. Tidak diciptakan manusia dan jin kecuali untuk beribadah pada-Ku, demikian firman Allan. Karena itu setiap tindakan harus berdimensi rohaniah, semata-mata hanya karena Allah saja.

Ketiga adalah Islam rahmatan lil ‘alamin. Dimensi yang harus ada dan dipegang teguh, bahwa Islam adalah rahmat. Keberadaannya membawa kedamaian, menebar kesejukan, dan bermanfaat untuk kedamaian semua umat manusia dan alam semesta.

Musuh Bersama

‘’Karena itu jika penampilannya menakutkan, membawa kebencian, menebar kebohongan, pasti bukan rahmatan lil ‘alamin, dan bukan sebuah sikap keIslaman yang betul. Perlu dikoreksi agar kembali kepada jati diri keIslaman yang betul,’’ kata dia.

Suradi mengatakan, kemiskinan saat ini menjadi musuh utama yang harus diberantas. Dan itu harus dipikirkan dan menjadi salah satu program ICMI ke depan, dalam berkontribusi pada negeri ini, karena sebagai cendekiawan, pemikiran dan tindakannya ditunggu.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono setuju, jika kemiskinan menjadi salah satu lahan amal yang memerlukan kecendekiawanan. Kiprah ICMI ditunggu. Seperti dakwah Nabi saat membeli sumur Yahudi untuk memberikan air gratis pada siapapun pemilik ternak di Madinah, maka justru tindakan itulah yang menjadikan Islam menebar rahmat dan mendapatangkan simpati dari semua. Karena itu.

Karanganyar sudah mencoba itu. Mulai Februari, pendekatan untuk mengatasi kemiskinan dilakukan perorang, sehingga lebih mengena. Selain itu mencoba menggerakkan kebiasaan bersedekah dengan mengajak warga di RT untuk mengeluarkan zakat hanya Rp 50.000 saja. Bukan dibayari RT namun membiasakan bersedekah itu lebih penting.

 

Sumber: https://www.suaramerdeka.com/news/baca/215026/ketua-icmi-jateng-islam-rahmatan-lilalamin-tidak-menebarkan-kebencian


Tags : ICMI ICMI Daerah ICMI Peduli Indonesia Keislaman Sosial




ICMI Diharapkan Menjadi Motor Penggerak IPM Cianjur di Bawah Ketua ICMI Orda Cianjur Himam Haris
ICMI Diharapkan Menjadi Motor Penggerak IPM Cianjur di Bawah Ketua ICMI Orda Cianjur Himam Haris
Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Organisasi Daerah (Orda) Kabupaten Cianjur, Himam Haris, akan bersinergi dengan berbagai pihak, terutama Pemkab Cianjur dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).
Senin, 5 Apr 2021
Pelantikan Pengurus ICMI Orda Kota Sukabumi Periode 2019 - 2024
Pelantikan Pengurus ICMI Orda Kota Sukabumi Periode 2019 - 2024
Setelah tertunda lebih dari 1 tahun akibat Pandemi Covid 19, Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Organisasi Daerah Kota Sukabumi masa bhakti 2019-2024, resmi dilantik oleh Ketua ICMI Organisasi Wilayah (Orwil) Jawa Barat, Prof. Dr. H. Moh. Najib, M.Ag, pada hari Sabtu (27/3/2021), bertempat Ruang Utama Balai Kota Sukabumi.
Senin, 29 Mar 2021
Pelantikan Pengurus ICMI Orda Kuningan
Pelantikan Pengurus ICMI Orda Kuningan
Majelis Sinergi Kalam Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (MASIKA ICMI) harus bisa melahirkan para intelektual yang konstruktif dalam berperan membangun negara, dan sebagai pemersatu dari beragam profesi yang ada.
Senin, 8 Mar 2021
Pemprov Jatim Harapkan ICMI Muda Jatim Bantu Persoalan Bangsa dan Negara
Pemprov Jatim Harapkan ICMI Muda Jatim Bantu Persoalan Bangsa dan Negara
DR Wahid Wahyudi, Kadis Pendidikan Provinsi Jatim, dalam pelantikan Pengurus ICMI Muda Jatim periode 2020-2025, di salah satu hotel di Surabaya, Selasa (12/01/2021).
Senin, 18 Jan 2021
ICMI Orwil Jabar Laksanakan Advokasi dan Pendampingan Pemberdayaan Perempuan dan Anak
ICMI Orwil Jabar Laksanakan Advokasi dan Pendampingan Pemberdayaan Perempuan dan Anak
ICMI Orwil Jawa Barat  Laksanakan Advokasi dan Pendampingan  Pemberdayaan Perempuan dan Anak Dan Bagikan Sembako untuk Orang Jompo dan Anak- Anak Hatim Piatu.
Kamis, 7 Jan 2021
ICMI Kalimantan Barat Dukung Pencanangan PLTN, Ini Alasannya
ICMI Kalimantan Barat Dukung Pencanangan PLTN, Ini Alasannya
JAKARTA— Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kalimantan Barat mendukung pencanangan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) untuk menghadirkan listrik murah dan meningkatkan daya saing. 
Kamis, 17 Des 2020
Pelantikan ICMI Masa Bakti 2020-2025, Akan Menjadikan Momentum untuk Menyongsong Subang Smart City
Pelantikan ICMI Masa Bakti 2020-2025, Akan Menjadikan Momentum untuk Menyongsong Subang Smart City
WARTAKINI.CO, SUBANG – Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) organisasi daerah Kabupaten Subang masa bakti 2020-2025, resmi dilantik oleh pengurus ICMI Organisasi Wilayah (Orwil) Jawa Barat Prof. Muhammad Najib, M.Ag yang disaksikan oleh Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi di Aula Pemda Subang. Sabtu, (12/12/2020)
Senin, 14 Des 2020
ICMI Orwil Jabar Lakukan Gerakan Penanaman Pohon 1000 Pohon Buah untuk Kedaulatan Pangan
ICMI Orwil Jabar Lakukan Gerakan Penanaman Pohon 1000 Pohon Buah untuk Kedaulatan Pangan
BANDUNG – Ikatan Cendikiawan Muslim (ICMI) Organisasi Wilayah Jawa Barat (Orwil Jabar) menggelar gerakan menanam pohon di kawasan Sein Farm Jl. Sekemala, Ujungberung Kota Bandung. Ketua ICMI Orwil Jabar, Prof. Dr. H.M Najib. M.Ag, didampingi Sekretaris, Dr.H.Ujang Saepulah,M.Si, menuturkan, gerakan menanam pohon harus terus dikalangan. Sebab, memiliki manfaat sangat baik untuk ke depan. Menurutnya, adanya dampak Covid 19  gerakan menanam pohon bisa dilakukan dil
Senin, 30 Nov 2020

Detail side

Berita Terpopuler