Home / Media / Siaran Pers / Silaknas Icmi 2018 Hasilkan Deklarasi Icma Dan Rekomendasi Kehidupan Berbangsa Di Tahun Politik

Silaknas ICMI 2018 Hasilkan Deklarasi ICMA dan Rekomendasi Kehidupan Berbangsa di Tahun Politik


Posted on Sabut, 8 Des 2018 18:39 WIB


Silaknas ICMI 2018 Hasilkan Deklarasi ICMA dan Rekomendasi Kehidupan Berbangsa di Tahun Politik

Lampung (ICMI Media) - Silaturahmi Kerja Nasional Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (Silaknas ICMI) tahun 2018 telah berlangsung selama dua hari sejak dibuka Presiden Joko Widodo tanggal 6 Desember.

Beberapa keputusan dan rekomendasi organisasi telah ditetapkan selama berlangsungnya perhelatan Silaknas ICMI 2018. Menjadi torehan sejarah adalah dideklarasikannya Ikatan Cendekiawan Muslim Asia Tengara (ICMA) oleh 10 negara kawasan Asean dan Timor Leste.

“Kami ICMI Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Singapura, Filipina, Vietnam, Kamboja, Laos, Myanmar dan Timor Leste sepakat mendeklarasikan ICMA,” ujar Ketua Umum ICMI Prof DR Jimly Asshiddiqie, di Bandar Lampung, Sabtu (8/12/2018).

Jimly menjelaskan, ICMA akan berfungsi sebagai wadah para cendekiawan serta intelektual muslim di Asia Tenggara untuk  pembangunan sumber daya insani yang berkualitas, mandiri dan bermartabat.

Silaknas ICMI tahun 2018 juga menghasilkan rekomendasi yang dibahas pada kajian isu strategis seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, pembangunan peradaban,  di sidang komisi.

Jimly menuturkan, rekomendasi Silaknas ICMI tahun 2018 mengimbau seluruh pihak berkepentingan agar menerapkan kehidupan kenegaraan dengan sistem demokrasi yang konsisten sesuai Pancasila dan UUD 1945 guna menjamin prinsip paralisme praktik demokrasi politik dan ekonomi.

Jimly menjelaskan, rekomendasi tersebut dilandasi pemikiran bahwa Indonesia telah memasuki tahun politik dan menjelang Pemilu 2019 agar kehidupan kebangsaan tetap terlaksana secara baik berdasarkan amanah konstitusi dan nilai Pancasila.

Tahun ini, penyelenggaraan Silaknas ICMI mengusung tema Membangun Sumber Daya Manusia Insani yang Berkualitas dan Bermanfaat Melalui Peningkatan Ekonomi yang Adil, Makmur dan Mandiri.

Sebagai informasi, Silaknas ICMI merupakan ajang rutin yang diselenggarakan setiap tahun sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi.

Penyelenggaraan Silaknas ICMI juga menjadi forum silaturahmi antar seluruh pengurus yang tersebar guna membahas tentang evaluasi serta capaian program organisasi, mengkaji berbagai isu nasional dan keumatan serta merancang kinerja setahun ke depan. (so/cr)


Tags : Cendekiawan Muslim ICMI Pusat Jimly Siaran Pers Silaknas






Media Terpopuler