Home / Media / Siaran Pers / Ketum Icmi Minta Pemda Renovasi Rumah Warga Korban Kebakaran Di Grogol

Ketum ICMI Minta Pemda Renovasi Rumah Warga Korban Kebakaran di Grogol


Posted on Kamis, 24 Jan 2019 19:00 WIB


Ketum ICMI Minta Pemda Renovasi Rumah Warga Korban Kebakaran di Grogol

Jakarta (ICMI Media) - Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Prof. Jimly Asshiddiqie meninjau langsung lokasi kebakaran di Jalan Tomang Utara 1, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (24/1/2019).

Prof Jimly mengatakan jumlah korban atas insiden kebakaran yang terjadi pada hari Senin, 21 Januari 2019 ini sekitar 1290 korban.

"Ada tiga RW yang terkena dampak kebakaran dan jumlah korbannya itu sekitar 1290, banyak sekali korbannya. Satu RW saja ada 234 keluarga, jadi jumlah penduduk yang harus mengungsi itu banyak sekali," Kata Prof Jimly saat ditemui di lokasi kebakaran.

Meski tidak ada korban jiwa, Prof Jimly melihat kondisi para korban yang rumahnya hancur karena diduga ada kompor gas yang meledak di salah satu rumah warga hingga dampaknya ke puluhan rumah.

"Jadi Saya ke sana tadi mendapati kenyataan rumahnya pun kecil-kecil, padat sekali penduduknya dan tempat pengungsiannya di posko dan di masjid, sangat memprihatinkan tapi alhamdulillah bantuan dari pemerintah dan berbagai ormas lancar," Ujar Prof Jimly.

Prof Jimly juga meninjau dua posko yang menyediakan dapur umum dan bantuan logistik lainnya.

"Saya tadi datang ditemani pak Lurah dan ibu Lurah, alhamdulillah sudah tertangani kalau untuk makanan, kesehatan para korban bahkan juga sudah mengalir deras bantuan-bantuan pakaian, yaa mudah-mudahan informasi yang sifatnya ada hoax begitu sudah teratasi," Kata Prof Jimly

Prof Jimly berharap Pemda setempat segera melakukan renovasi, Prof Jimly juga bersyukur karena Gubernur DKI Jakarta juga sudah meninjau langsung ke lokasi kejadian.

"Saya bersyukur Gubernur langsung mengambil tindakan, tapi yang harus dilakukan segera menurut Saya renovasi rumah-rumah, kita berharap dari musibah ini agar bagaimana membuat rumah warga naik ke atas supaya lebih besar, lebih tertata dan ada tata ruang yang lebih baik termasuk misalnya jalan dan jembatan bisa diperlebar," Kata Prof Jimly

"Mudah-mudahan Dinas PU bisa melakukan sesuatu, jangan hanya memikirkan yang jangka pendek tapi dimanfaatkan untuk penataan ruang, karena memang kumuh sekali daerahnya dan padat penduduk," Ujar Prof Jimly. (So/Cr)


Tags : Jimly Ketua ICMI Keumatan Sosial






Media Terpopuler