Home / Media / Siaran Pers / Ketum Icmi Emban Amanah Baru Jadi Ketua Dewan Penasehat Kppu

Ketum ICMI Emban Amanah Baru Jadi Ketua Dewan Penasehat KPPU


Posted on Kamis, 21 Sep 2018 12:38 WIB


Ketum ICMI Emban Amanah Baru Jadi Ketua Dewan Penasehat KPPU

Jakarta (ICMI Media) - Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Prof DR Jimly Asshiddiqie kini mengemban amanah baru. Jimly ditunjuk menjadi Ketua Dewan Penasehat Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Menurut Jimly, KPPU sama halnya dengan Komisi Pemilu Umum (KPU). Diketahui; Jimly juga pernah memimpin Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) periode 2012-2017.

Sebagai lembaga, ucap Jimly, KPPU merupakan lembaga besar yang mengendalikan ekonomi pasar dan mengawasi persaingan usaha dari cara-cara yang tidak sehat.

Sehingga sama halnya dengan KPU, kata Jimly, yang juga merupakan lembaga pengendali sebuah "pasar politik" pemilihan umum (pemilu) dengan segala aturannya supaya dapat terlaksana jujur dan adil, tanpa kecurangan atau cara tidak baik.

"KPPU yang sama dengan KPU merupakan dua lembaga amanat reformasi. KPU mengurus pasar bebas politik, KPPU mengurus dan mengendalikan pasar bebas bisnis," ujar Jimly, di Jakarta, Jumat (21/9).

Jimly menuturkan, KPPU memiliki andil penting dalam kondisi ekonomi masa kini yang banyak tendensi dengan oligopoli dan monopoli bisnis. Oleh sebab itu Jimly mengimbau agar KPPU peranannya harus diperkuat dan dibantu efektivitas kinerjanya.

Jimly meminta, dengan tanggung jawab barunya sebagai Ketua Dewan Penasehat KPPU, supaya selalu didoakan amanah, mampu memberikan kebaikan untuk bisnis bangsa Indonesia serta selalu dalam rahmat Allah. (ed)


Tags :





Detail side

Media Terpopuler