Home / Media / Siaran Pers / Icmi Anggap Memilih Serentak Di Pemilu Tekan Angka Golput

ICMI Anggap Memilih Serentak di Pemilu Tekan Angka Golput


Posted on Kamis, 14 Mar 2019 16:04 WIB


ICMI Anggap Memilih Serentak di Pemilu Tekan Angka Golput

Jakarta (ICMI Media) - Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) menilai bahwa angka non partisipatif alias "golongan putih" (golput) pada pemilihan umum (pemilu) 2019 dapat dikurangi salah satunya melalui sistem memilih secara serentak.

Diketahui, pemilu tahun 2019 yang berlangsung 17 April mendatang memiki sistem yang berbeda dibandingkan sebelumnya.

Sebab langsung memilih secara bersamaan di hari itu yakni Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR RI, anggota DPR provinsi, kabupaten maupun kota serta DPD RI.

"Mau arau tidak mau semua pilihan di kertas pemilihan ada di depan mata. Rakyat makin bebas memilih. Dengan bersamaan akan bebas memilih Presiden, legislatif," ujar Ketua Umum ICMI Prof DR Jimly Asshiddiqie, di Jakarta, Kamis (14/2/2019), pada diskusi media Dialektika ICMI bertema Antisipasi Golput dalam Pemilu 2019.

Jimly menyebutkan, di negara-negara besar yang demokrasi telah lebih dulu berkembang, seperti Amerika Serikat, cara pemilu yang memilih secara serentak seperti itu membuat Negeri Paman Sam itu semakin kuat.

Jimly beranggapan, sistem pelaksanaan pemilu yang dilakukan pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu, jika ingin dilakukan evaluasi terhadap pemilu 2019 sebaiknya setelah selesai dilaksanakan.

"Setelah ini kita jadikan bahan evaluasi plus minusnya. Jika ada fakta-fakta baru, cara ini bisa diubah," ucap Jimly.

Jimly menuturkan, sebenarnya dulu skema pemilihan secara serentak yang ingin diterapkan ketika merumuskan amandemen UUD 1945 dan UU pemilu.

"Dulu ada simulasinya di MPR. Ketika Undang-undang dibuat, tidak diikuti 100 persen (anggota DPR) akhirnya dibuat secara sektoral dan tidak utuh," ungkap Jimly.

Akhirnya, Mahkamah Konstitusi memutuskan bahwa skema pelaksanaan pemilu perlu dilakukan secara serentak sebab alasan historis dan memperkuat sistem dasar pemerintahan. (so/ed)


Tags : ICMI Pusat Jimly Kabar ICMI Ketua ICMI Politik





Detail side

Media Terpopuler