Home / Media / Siaran Pers / Icmi Ajak Umat Islam Jadi Contoh Penjaga Persatuan Bangsa Jelang Pemilu

ICMI Ajak Umat Islam Jadi Contoh Penjaga Persatuan Bangsa Jelang Pemilu


Posted on Sabut, 8 Des 2018 21:56 WIB


ICMI Ajak Umat Islam Jadi Contoh Penjaga Persatuan Bangsa Jelang Pemilu

Lampung (ICMI Media) - Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) mengimbau umat Islam di Indonesia agar selali menjaga persatuan dan kesatuan bangsa menjelang masa pemilihan umum yang akan digelar pada 17 April 2019.

Demikian disampaikan Ketua Umum ICMI Prof DR Jimly Asshiddiqie, di Lampung, Jumat (7/12/2018), saat berlangsungnya agenda Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) ICMI Tahun 2018.

Menurut Jimly, segala perbedaan prinsip pilihan politik antar sesama umat Islam jangan sampai terus diperpanjang tanpa akhir. Akhirnya juga hanya berdampak merugikan terhadap umat Islam juga.

Jimly mengatakan, umat Islam wajib menjaga situasi serta kondisi yang kondusif dalam kehidupan berbangsa, baik itu ketika sebelum, masa pemilu, maupun setelahnya.

"Apalagi pemerintah saat ini sudah benar-benar memperhatikan kehidupan beragama di Indonesia," ujar Jimly.

Terkait mendekatinya masa pemilu 2019, ICMI sebagai organisasi berhimpunnya cendekiawan muslim, Jimly mengungkapkan, memiliki kewajiban berkontribusi terhadap pesta demokrasi lima tahunan.

Peran utama yang akan dilakukan ICMI, kata Jimly, adalah memberikan solusi terhadap segala persoalan kebangsaan yang berkaitan dengan situasi pemilu 2019.

"ICMI akan berperan aktif terus mengawal negeri ini agar situasi tetap kondusif. ICMI juga akan selalu memberikan solusi terbaik menyelesaikan permasalahan bangsa Indonesia," ujar Jimly. 

Jimly menuturkan, ICMI selalu siap membantu pemerintah membangun kemakmuran bangsa melalui keilmuan dan strategi yang diperlukan, termasuk saat pemilu guna mencari pemimpin nasional.

"Siapapun pemimpin bangsa kelak,  maka dia adalah pemimpin bangsa Indonesia. ICMI pasti siap mendukung dan membantu," ujar Jimly.

Hal lainnya yang dikemukakan Jimly adalah apresiasi kepada Presiden Joko Widodo yang telah bersedia datang sekaligus membuka Silaknas ICMI Tahun 2018.

"Pak Presiden sudah ada agenda yang amat padat. Namun beliau mengutamakan hadir bersama ICMI.  Tentu saja hal yang luar biasa, ICMI amat berterima kasih atas kehadiran Presiden," kata Jimly.

Silaknas ICMI merupakan ajang rutin yang diselenggarakan setiap tahun sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi.

Penyelenggaraan Silaknas ICMI juga menjadi forum silaturahmi antar seluruh pengurus yang tersebar guna membahas tentang evaluasi serta capaian program organisasi, mengkaji berbagai isu nasional dan keumatan serta merancang kinerja setahun ke depan. (so/cr)


Tags : ICMI Pusat Indonesia Jimly Ketua ICMI Silaknas






Media Terpopuler