Home / Media / Siaran Pers / Antikorupsi Perlu Semangat Awal Dari Diri Sendiri Dulu

Antikorupsi Perlu Semangat Awal dari Diri Sendiri Dulu


Posted on Senin, 18 Mar 2019 16:09 WIB


Antikorupsi Perlu Semangat Awal dari Diri Sendiri Dulu

Jakarta (ICMI Media) - Bersihnya Indonesia dari perilaku korupsi semua berawal dari diri sendiri masing-masing manusianya. Tanpa itu, korupsi akan terus ada.

Demikian diungkapkan Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Prof DR Jimly Asshiddiqie, Senin (18/3/20190.

Jimly mengatakan, bersihnya Indonesia dari korupsi bukan hanya melalui upaya penindakan (hilir), namun juga menumbuhkan semangat tidak melakukannya dan keinginan mencegah (hulu).

"Semangat antikorupsi itu dari diri sendiri dulu. Kalau semangatnya ada, pasti mencegah keinginan korupsi," ujar Jimly.

Kendati begitu, penindakan dan proses hukum kepada koruptor juga sama pentingnya dilakukan. Sehingga benteng Indonesia yang antikorupsi makin menguat.

"Kalau berjalan seiringan hulu dan hilirnya, wah itu amat bagus. Indonesia pasti jadi negara yang paling bersih dari korupsi di dunia," ucap Jimly.

Namun jika salah satunya timpang, maka belum dapat diharapkan korupsi hilang  100 persen dari Tanah Air. Kampanye mengenai kesadaran tidak korupsi pun dianggap penting untuk terus dilakukan secara masif.

Sebelumnya, kasus korupsi kembali mencuat dan menyita perhatian publik Tanah Air. Lembaga antirasuah pada OTT baru-baru ini berhasil menangkap Ketua Umum PPP M Romahurmuzy dalam kasus suap jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama.

Selain Romahurmuzy, yang juga anggota Komisi IX DPR RI, juga turut diamankan tiga orang lainnya yang merupakan pejabat di Kanwil Kementerian Agama di provinsi Jawa Timur. (so/ed)


Tags : ICMI Peduli ICMI Pusat Indonesia Kabar ICMI Kebangsaan Politik






Media Terpopuler