Home / Media / Kabar Icmi / Usai Pilpres Ketum Icmi Kontestan Harus Saling Berangkulan

Usai Pilpres, Ketum ICMI: Kontestan Harus Saling Berangkulan


Posted on Rabu, 6 Mar 2019 11:23 WIB


Usai Pilpres, Ketum ICMI: Kontestan Harus Saling Berangkulan

Jakarta (ICMI Media) - Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Prof DR Jimly Asshiddiqie meminta nantinya kedua kubu calon Presiden (capres) yang berkompetisi perlu saling merangkul.

Berangkulan yang dimaksud Jimly, agar kedua kontestan sama-sama membuat kehidupan bernegara semakin harmonis, tanpa perlu terus mempertahankan sikap perbedaan politik.

"Apalagi terus kasar dan kasar. Kedua capres harus mengutamakan kerukunan umat Islam dan umat beragama lainnya," ujar Jimly.

Menurut Jimly, dengan saling merangkul antar kedua capres, maka dapat menurunkan tensi politik yang sebelum pilpres dirasakan amat saling bergesekan.

"Terutama di basis bawah yang kuat berselisih soal pilihan capresnya. Bahkan sampai dibawa ke ranah hukum di pengadilan," ucap Jimly.

Jimly berharap, dengan sikap kedua capres nantinya yang mau saling berangkulan, dapat meredakan gesekan politik yang kerap menggunakan "tangan besi".

Jimly menilai, politik adalah sesuatu hal yang seharusnya nyaman dan tidak perlu sampai beradu konflik yang keras. Politik, menurut Jimly, tidak perlu mempoitisir aspek yang fundamentalis seperti agama untuk kepentingan.

Jimly mengungkapkan, dengan mempolitisir segala aspek secara berlebihan akan membuat situasi kebangsaan semakin keruh dan tidak tenang. Sehingga merupakan perbuatan tidak tepat.

Pemilhan umum (pemilu) 2019 bakal digelar pada 17 April mendatang. Pesra demokrasi lima tahunan yang bakal digelar sebentar lagi ini akan berbeda dari sebelumnya.

Pemilu 2019 akan memilih secara bersamaan yakni Presiden, anggota DPR, DPD, DPRD provinsi dan kabupaten maupun kota.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan dua pasang capres dan cawapres yang maju berkomoetisi di pilpres 2019 yaitu Joko Widodo-KH Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. (so/ed)


Tags : Jimly Kabar ICMI Kebangsaan Kenegaraan Ketua ICMI Politik






Media Terpopuler