Home / Media / Kabar Icmi / Icmi Optimis Pertumbuhan Ekonomi Di Tahun 2019 Lebih Baik

ICMI Optimis Pertumbuhan Ekonomi di Tahun 2019 Lebih Baik


Posted on Kamis, 4 Jan 2019 13:37 WIB


ICMI Optimis Pertumbuhan Ekonomi di Tahun 2019 Lebih Baik

Jakarta (ICMI Media) – Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) merasa optimis terhadap pertumbuhan ekonomi nasional di tahun 2019. ICMI berpendapat bahwa di akhir tahun 2018, terlihat tanda-tanda adanya pemulihan ekonomi.

“ICMI berpendapat 2019 akan lebih cerah, memulihkan dan menggairahkan perekonomian nasional," kata Prof Jimly saat konferensi pers refleksi perjalanan bangsa tahun 2018 di Sekretariat ICMI Pusat, Rabu (26/12).

Prof Jimly menyampaikan, di tahun 2019 ini, pertumbuhan ekonomi diharapkan dapat tumbuh hingga minimal 6 persen. Capaian tersebut kata Prof Jimly akan berpengaruh terhadap peningkatan investasi, membuka lebih banyak lagi lapangan pekerjaan serta menghindari adanya PHK.

“Oleh karena itu, melalui capaian ini kita berharap akan meluncurkan kredit murah untuk usaha koperasi dan UMKM,” Ujar Prof Jimly

ICMI melihat selama perjalanan 2018, memang terjadi perlambatan ekonomi yang disebabkan faktor internal dan eksternal. Perlambatan tersebut berpengaruh terhadap beberapa aspek pertumbuhan yang melambat dan stabilitas harga bahan pokok terganggu. 

“Akibat perlambatan ekonomi 2018, membuat nilai tukar rupiah melemah dan membuat pemanfaatan APBN dan APBD tidak efektif,” Kata Prof Jimly.

ICMI berharap di tahun 2019 ini distribusi pembangunan untuk memperoleh kesempatan mendapatkan penghasilan lebih baik lagi, menerapkan dengan sungguh-sungguh paket perekonomian yang diluncurkan pemerintah, dan menguatkan nilai rupiah hingga stabil. 

"Kita berharap ketahanan pangan semakin ditingkatkan, pengelolaan energi dan sumber daya alam dikelola untuk kemaslahatan, dan BBM serta energi disesuaikan dengan harga yang terjangkau," Kata Prof Jimly

Sumber : republika.co.id


Tags : Ekonomi ICMI Jimly





Detail side

Media Terpopuler