Home / Media / Kabar Icmi / Icmi Demokrasi Di Indonesia Jangan Diganti Diperbaiki Saja

ICMI: Demokrasi di Indonesia Jangan Diganti, Diperbaiki Saja


Posted on Selasa, 26 Mar 2019 11:04 WIB


ICMI: Demokrasi di Indonesia Jangan Diganti, Diperbaiki Saja

Jakarta (ICMI Media) - Demokrasi tetap harus dijaga kelanjutannya di Indonesia. Walaupun masih memiliki kekurangan sehingga perlu terus disempurnakan.

Demikian disampaikan Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Prof DR Jimly Asshiddiqie, Senin (25/3/2019).

Jimly mengatakan, tak perlu mengubah demokrasi di Indonesia yang selama ini telah jadi kesepakatan para pendiri bangsa.

"Kualitas demokrasi Indonesia harus tetap dilanjutkan dengan segala penyempurnaan. Kalau ada yang rusak, diperbaiki saja. Bukan diganti," ujar Jimly.

Jimly berpendapat, perlu dikembalikan juga saat ini tentang hakikat berdemokrasi. Sebab, menurut Jimly, kini telah terjadi sedikit pergeseran.

"Maraknya kabar bohong (hoax), saling serang di media sosial gara-gara pilpres, money politic, ini jadi bergeser, nanti melemahkan demokrasi kita," ucap Jimly.

Jimly menuturkan, masyarakat juga menjadi penentu untuk meningkatkan mutu demokrasi Indonesia. Hasil dari proses demokrasi yang baik akan dinikmati masyarakat juga.

Jimly mengungkapkan, salah satu cara terus menjaga utuhnya proses demokrasi adalah dengan partisipasi politik aktif seluruh masyarakat pada setiap pemilu. (so/ed)


Tags : ICMI ICMI Peduli Jimly Kabar ICMI Ketua ICMI Politik






Media Terpopuler