ngaji-algibran.png

ICMI Harus Terlibat di Pasar Bebas

redaksi 25 April 2018 comments ICMINews
Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI), Jimly Asshiddiqie menilai para cendekiawan harus mampu mengawal kebebasan yang tidak hanya terjadi dalam bidang politik, namun juga dalam bidang ekonomi. Kekayaan itu diperebutkan secara bebas, seperti halnya perebutan kekuasaan yang semakin bebas.

“Perlu menjadi catatan bagi kita, di ruang pasar bebas itu banyak peluang yang bisa dimanfaatkan, maka itu perlu pengawasan. Karena semuanya ada di pasar, tinggal kita memilih peluangnya,” kata Jimly, Selasa (24/4), saat menghadiri pelantikan Majelis Pimpinan Wilayah ICMI Sumbar Periode 2018 – 2023  di Universitas Negeri Padang.

Jimly menjelaskan, pasar bebas saat ini tidak lagi mementingkan kualitas, namun hanya mementingkan kuantitas dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Di sisi inilah, lanjut Jimly, ICMI harus mampu membaca dan memberikan pemikiran-pemikiran untu bisa bersaing dipasar bebas.

Begitu juga hadirnya kepengurusan ICMI Sumatera Barat (Sumbar), ucap Jimly, harus mampu komit dalam bidang pemikiran dan aksi. Baik di bidang ekonomi, politik, maupun kebudayaan.

“Kita berharap demokrasi ini bisa dikawal dengan gerakan intelektual supaya memberikan pemahaman intelektual agar pasar ekonomi dan politik bisa terarah dan berbudaya. Bahkan seluruh Indonesia berharap kembali bangkitnya para cendekia dari Sumbar ini untuk melakukan revitalisasi pemikiran di Indonesia. Melalui ICMI Sumbar ini lah bisa memunculkan hal itu,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua ICMI Sumbar, Musliar Kasim mengatakan, ICMI harus bisa semakin memberikan peran untuk umat di Sumbar. Karena ICMI sebagai lembaga cendekiawan yang bisa bekerja sama dengan semua elemen.

Musliar juga mengatakan kebanggaannya sebab orang Sumbar tidak fokus merebutkan jabatan. Hal ini dibuktikan, lanjut Musliar, dengan dipilihnya Ketua Koordinator Wilayah, Marlis Rahman untuk ketiga kalinya. Lebih lanjut dikatakannya, jumlah pengurus ICMI Sumbar saat ini 268.

Artikel Terkait

KOMENTAR

LEAVE A RESPONSE

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id atau redaksi@icmi.or.id . Untuk kerjasama iklan bisa kirim ke iklan@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2018 ICMI | All Rights Reserved