ngaji-algibran.png

ICMI Himbau Masyarakat Dewasa Menyikapi Atmosfer Pilkada

redaksi 21 February 2018 comments ICMINews
Jakarta (ICMI Media) - Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) menghimbau kepada masyarakat Indonesia untuk tidak sinis dalam merespon atmosfer Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018 mendatang.
 
Demikian disampaikan Ketua Umum ICMI, Jimly Assiddhiqie dalam Dialektika Konstitusi yang digelar di Jakarta, Rabu (21/2).
 
“Masyarakat harus dewasa menyikapi Pilkada, jangan sampai tercerai” kata Jimly. 
 
Jimly mengatakan, Pilkada merupakan pesta demokrasi bangsa Indonesia, bukan ajang berkelahi. Apalagi, lanjut Jimly, sesama saudara sampai bermusuhan.
 
Jimly menuturkan, masyarakat harus mampu menjadikan Pilkada Jakarta sebagai refleksi diri untuk menghadapi Pilkada berikutnya. Menurut Jimly, saat Pilkada Jakarta kemarin, masih banyak pihak-pihak yang ingin memecah belah bangsa, bahkan juga banyak masyarakat yang terprovokasi hingga terpecah dengan teman maupun sanak saudara. 
 
Jimly juga mengatakan, untuk tidak mudah terpengaruh oleh provokator yang menggunakan agama sebagai alat merasionalkan masyarakat. Karena kata Jimly, Indonesia adalah negara yang dapat maju dengan hubungan antar agama saling bersinergi. 
 
Telebih, ucap Jimly, saat ini dengan kemajuan teknolgi, menjadi tantangan baru masyarakat dalam pintar menyikapinya. Dalam teknologi, Jimly mengatakan, jangan sampai kita membenci atau mencintai seseorang melalui media sosial. 
 
Karena menurutnya, hal tersebut adalah salah satu indikasi masyarakat yang mudah terprovokasi.
 
Di lain sisi, Priyo Budi Santoso selaku Wakil Ketua Umum ICMI juga menekankan untuk masyarakat Indonesia tidak mudah terpancing oleh pemberitaan yang bersifat provokasi. 
 
Priyo menghimbau untuk masyarakat tidak langsung mengambil kesimpulan saat menerima informasi tertentu. 
 
“Yang dewasa itu tidak asal ambil simpulan. Kalau informasi tentang peradilan suatu kasus contohnya, kita harus tunggu prosesnya selesai” kata Priyo. (mgl)

Artikel Terkait

KOMENTAR

Posting comments after three months has been disabled.

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id atau redaksi@icmi.or.id . Untuk kerjasama iklan bisa kirim ke iklan@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2018 ICMI | All Rights Reserved