ngaji-algibran.png

ICMI: Kami Mengutuk Sikap Presiden AS Soal Yerusalem

Syahrul Hidayanto 9 December 2017 comments ICMINews
Jakarta (ICMI Media) – Ketua Umum ICMI, Prof DR Jimly Ashiddiqie mengutuk keras Pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel.

“ICMI mengutuk keras Donald Trump secara khusus atas statementnya bahwa Amerika Serikat mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel,” ujar Jimly dalam ceramah pengarahan Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) ICMI tahun 2017 yang berlangsung di Gedung Graha Widya Bakti, Puspiptek Serpong, Jum’at (8/12).

Jimly juga menuturkan, setelah pernyataan kontroversial Donald Trump tersebut, Amerika Serikat besar kemungkinan tidak dipercaya lagi untuk menjadi solusi mengatasi masalah kemanusiaan global. 

“Terbukti dengan sikapnya yang tidak berpihak kepada masyarakat dunia,” tegas Jimly.
Selain itu, Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pakar ICMI Pusat, Zulkifli Hasan pun mengajak segenap rakyat Indonesia untuk melawan dan mengutuk pernyataan Donald Trump. 

“Jelas itu pemutusan sepihak. Melanggar resolusi PBB dan akan menimbulkan dampak terhadap stabilitas negara,” katanya. 

Diketahui, keputusan Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel memang disambut dengan gelombang kecaman dan kritik dari berbagai penjuru dunia.
Amerika menjadi negara pertama di dunia yang secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Para pemimpin dari dunia Muslim dan masyarakat internasional lain melontarkan kemarahan mereka, dan sebagian memperingatkan bahwa langkah itu menimbulkan potensi kekerasan dan pertumpahan darah.

Trump juga mengumumkan rencana pemindahan kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Status Yerusalem merupakan jantung konflik panjang Israel-Palestina, karena Israel mencaplok Yerusalem Timur yang bagi Palestina merupakan ibu kota negara mereka di masa depan. (SYH/CR)

Artikel Terkait

KOMENTAR

LEAVE A RESPONSE

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id atau redaksi@icmi.or.id . Untuk kerjasama iklan bisa kirim ke iklan@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved