ngaji-algibran.png

ICMI Rangkul Umat Budha Wujudkan Kerukunan Umat Beragama

Syahrul Hidayanto 2 November 2017 comments ICMINews
Jakarta (ICMI Media) - Wakil Ketua Dewan Penasehat Pusat ICMI, Prof.Dr. Din Syamsuddin mengatakan agama-agama di Indonesia sejatinya mengajarkan kerukunan dan perdamaian. 

Menurut Din, agar Indonesia bisa dijadikan contoh sebagai negara yang rukun dalam beragama, maka kerukunan harus di mulai dari dalam negeri. 

“Harus dimulai dari dalam negeri dahulu. Beberapa minggu lalu saya beraudiensi dengan majelis agama, Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI), kemudian dengan Konfrensi Wali Geraja Indonesia dan ini yang ketiga dengan Walubi,” katanya ketika beraudiensi dengan DPP Walubi, di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Kamis (2/11).

“Mohon kami didukung bersama-sama menjaga kerukunan umat beragama. Empat pilar kita sudah kuat, dan agama-agama di Indonesia ini sejatinya mengajarkan kerukunan dan perdamaian. Untuk kepentingan itulah saya datang membawa pesan dan sekaligus mengajak Umat Budha di Indonesia sebagai salah satu stakeholders dari kerukunan kehidupan keagamaan di Indonesia,” tambahnya.

Kemudian Din menjelaskan, sejatinya agama memang memiliki perbedaan. Namun, yang perlu di garis bawahi, di setiap agama juga terdapat persamaan. Persamaan yang dimaksud oleh Din terletak pada etika dan orientasi tentang manusia dan kemanusiaan. Semua agama di Indonesia mengajarkan kebaikan dan tidak ada satu pun yang membenarkan keburukan.

“Saya kira kerukunan, religius, harmoni, Budha bisa menyumbangkan nilai-nilai kebudhaan.  Kemudian Islam juga menyumbang nilai-nilai keIslaman untuk kerukunan. Dan pada akhirnya akan ada teologi kerukunan,” ucap Din. (SYH/CR)

Artikel Terkait

KOMENTAR

LEAVE A RESPONSE

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id atau redaksi@icmi.or.id . Untuk kerjasama iklan bisa kirim ke iklan@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved