ngaji-algibran.png

ICMI Apresiasi Kunjungan Pertama Kali Suu Kyi ke Rakhine

Syahrul Hidayanto 3 November 2017 comments ICMINews
Jakarta (ICMI Media) – Kunjungan pertama kalinya Pemimpin Myanmar,  Aung San Suu Kyi ke negara bagian Rakhine diapresiasi oleh Wakil Ketua Dewan Penasehat Pusat ICMI, Prof.Dr. Din Syamsuddin. Menurut Din, sebagai tokoh yang mendapatkan nobel perdamaian, sudah sepantasnya Suu Kyi datang berkunjung ke Rakhine.

“Saya kira bagus dia datang. Beliau sebagai tokoh yang mendapat nobel perdamaian,” ujar Din kepada wartawan usai menghadiri undangan audiensi Dewan Pimpinan Pusat Perwakilan Umat Buddha Indonesia (DPP Walubi) di sela-sela acara Internal Walubi di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Kamis (2/11).

Din juga menjelaskan, tak bisa dipungkiri Myanmar memiliki masalah yang rumit didalam transisi dari negara militer menjadi demokrasi. 

“Saya tahu ada masalah-masalah yang complicated di Myanmar yang sedang mengalami transisi dari sebuh negara yang represif otriter dan menjadi negara yang mengamalkan demokrasi. Saya kira perlu waktu untuk Myanmar dan posisi dari militer,” ujarnya.

“Oleh karena itu kita perlu menyikapinya dengan kearifan, terus-menerus dengan dialog. Dan saya yakin kasus itu apalagi sudah mendapat perhatian dunia internasional, akan bisa teratasi,” sambungnya.

Diketahui, Suu Kyi melakukan kunjungan pertamanya ke negara bagian Rakhine, Kamis (2/11), sebuah wilayah yang memaksa etnis Rohingya keluar dari rumahnya dalam sebuah operasi militer.Suu Kyi dikabarkan tiba di Sittwe, ibu kota dari negara bagian Rakhine. Belum jelas apakah Suu Kyi akan berkunjung ke desa-desa Rohingya yang telah tersentuh oleh operasi militer, atau ke kelompok muslim yang tersisa di wilayah itu. (SYH/CR)

Artikel Terkait

KOMENTAR

LEAVE A RESPONSE

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id atau redaksi@icmi.or.id . Untuk kerjasama iklan bisa kirim ke iklan@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved