ngaji-algibran.png

Jimly: Berperan untuk Masyarakat Lebih Mulia Dibandingkan Kedudukan

Syahrul Hidayanto 4 October 2017 comments ICMINews
Jakarta (ICMI Media) – Ketua Umum ICMI Prof DR Jimly Asshiddiqie mengajak masyarakat Indonesia saat ini agar lebih bersikap memberikan peranan dalam kehidupan dibandingkan meraih kedudukan.

Sikap masyarakat untuk ikut berperan tersebut, menurut Jimly, amat sesuai dengan kondisi negara yang sedang berkembang seperti Indonesia.

“Di negara yang sedang membangun proses yang belum matang seperti Indonesia, kita harus lebih berperan daripada berkedudukan. Tidak berkedudukan, tidak apa-apa, yang penting anda berperan,” ujar Jimly, di Jakarta, Senin (25/9).

Jimly mengungkapkan, amat bagus bila masyarakat Indonesia memiliki kedudukan dan juga berperan. Namun, ucap Jimly, jika tak memiliki kedudukan maka berupaya supaya dapat berperan.

“Biasanya berperan itu menghasilkan kedudukan, bukan sebaliknya. Kalau Anda berperan, datang itu kedudukan. Tidak perlu di cari,” tutur Jimly.

Terkait karakter mementingkan mencari kedudukan, Jimly menyoroti sikap para politisi saat ini di Indonesia. Politisi, ujar Jimly, dinilai hanya mencari 'panggung' tapi minim kontribusi.

“Kalau dalam politik, semua orang, mimpinya mengejar kedudukan. Tapi sesudah dapat, dia tidak melakukan apa-apa,” kata Jimly.

Jimly menuturkan, pada akhirnya yang terpenting adalah kemuliaan seorang manusia. Menurut Jimly, mulianya seseorang diukur dari bagaimana terbiasa untuk memberi daripada menerima kemudian bisa menjadi berguna untuk sesama.

“Dari situ kalau kita terbiasa memberi, berguna untuk orang, rezeki itu datang, kedudukannya juga datang,” ucap Jimly. (SYH/CR)

Artikel Terkait

KOMENTAR

LEAVE A RESPONSE

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id atau redaksi@icmi.or.id . Untuk kerjasama iklan bisa kirim ke iklan@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved