ngaji-algibran.png

ICMI: Sistem Ideal Pemerintahan Perlu Proses dan Evaluasi

Syahrul Hidayanto 14 October 2017 comments ICMINews
Jakarta (ICMI Media ) - Ketua Umum ICMI yang juga pakar hukum tata negara UI Prof DR Jimly Asshiddiqie mengatakan, diperlukan proses waktu guna menata sistem pemerintahan. Amat sulit jika berharap sistem pemerintahan dalam sebuah bangsa dituntut langsung ideal.

“Walaupun kita merdeka sudah 72 tahun, namun kita menata pemerintahan yang sistemastis baru belasan tahun. Periu waktu lama untuk memperbaiki sistem itu. Yang berlaku itu yang disepakti. Dalam kesepakatan itu ada kompromi,” ujar Jimly pada diskusi buku berjudul Penguatan Sistem Pemerintahan dan Peradilan, di Jakarta, Kamis (12/10).

Jimly mengungkapkan, perjuangan dan perjalanan bangsa Indonesia masih amat jauh sehingga perlu terus melakukan evaluasi sistem pemerintahannya.

“Jadi memang belum sempurna, sistem politik Pemilu, treshold dan lain sebagainya. Kita harus optimis memilih sistem demorasi yang benar. Cocok untuk masyarakat yang beragam,” ujar Jimly.

Selama perjananan bangsa Indonesia sejak kemerdekaan, telah beberapa periode dialami. Baru pada peridoe reformasi, kata Jimly, Indonesia mempunyai sistem pemerintahan cukup baik. (SYH/CR)

Artikel Terkait

KOMENTAR

LEAVE A RESPONSE

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id atau redaksi@icmi.or.id . Untuk kerjasama iklan bisa kirim ke iklan@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved