ngaji-algibran.png

​ICMI Nilai Homogenitas Kultur Makin Menguat

Syahrul Hidayanto 25 October 2017 comments ICMINews
Jakarta (ICMI Media) – Wakil Ketua Umum ICMI, Priyo Budi Santoso mengungkapkan saat ini dunia seolah-olah sperti berada di dalam genggaman. Hanya melalui telepon genggam, kata Priyo, seseorang bisa mengetahui informasi di dunia secara cepat.

“Ini dinamakan revolusi informasi dan teknologi. Dunia seperti global village,” ujar Priyo dalam acara Seminar Kebangsaan Dalam Rangka Pengukuhan Pengurus Lembaga Bantuan Hukum ICMI yang mengangkat tema Memperkukuh Keadilan dan Kedaulatan Rakyat” di Hotel Oasis Amir, Jakarta Pusat, Rabu (25/10).

Efek dari hal tersebut, kata Priyo, adalah makin menguatnya homogenitas kultur dan saat bersamaan juga semakin menguat etnik dan agama.

“Saya melihat hal yang mengkhawatirkan, hari ini kita mulai cermati menguatnya homogenitas kultur dan solidaritas etnik dan agama menggerus nilai-nilai identitas kebangsaan sebuah bangsa,” ucapnya.

“Terjadi fenomena yang menggolobal tidak hanya di Indonesia tapi juga dunia yakni menguatnya identitas kultur berdasarkan, etnik dan kultur, agama, yang agama kita bisa lihat dari munculnya ISIS.  Akhirnya, apakah ini yang bisa disebut varian-varian penyakit yang mewarnai praktek demokrasi? Ini yang harus kita jawab bersama,” ujarnya. (SYH/CR)
 

Artikel Terkait

KOMENTAR

LEAVE A RESPONSE

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id atau redaksi@icmi.or.id . Untuk kerjasama iklan bisa kirim ke iklan@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved