ngaji-algibran.png

ICMI Minta Masyarakat Rasional Terima Arus Informasi Digital

Syahrul Hidayanto 2 October 2017 comments ICMINews
Jakarta (ICMI Media) – Ketua Umum ICMI Prof DR Jimly Asshiddiqie mengatakan, arus informasi saat ini semakin terasa tidak beraturan dan amat bebas. Setiap orang leluasa mencaci maki dengan menyembunyikan identitas aslinya.

Oleh sebab itu, Jimly mengimbau agar masyarakat jangan sampai tertipu dengan informasi yang tersebar di media sosial (medsos). Jimly menyarankan masyarakat tidak bersikap memutuskan sukan dan benci terhadap sesuatu hanya karena berita dari medsos.

“Sekarang semua orang bebas menghujat karena identitasnya tersembunyi. Yang menerima pun tiap hari langsung di depan matanya. Jadi rasa tersinggungnya lebih cepat,” ucap Jimly, di Jakarta, Senin (25/9).

Jimly mengajak masyarakat agar bersikap lebih memahami terjadinya perubahan persebaran informasi. Termasuk, ujar Jimly, menghadapi secara rasional perubahan arus informasi tersebut.

Jimly meminta kepada umat Islam agar dapat mengikuti prinsip diajarkan Rasulullah Nabi Muhammad SAW dalam berkomunikasi yakni berkata saja yang baik atau diam saja.

“Jadi setiap kali kita bicara usahakan yang baik-baik. Jangan menghujat orang, menilai orang negatif dan sebagainya. Tidak ada habis-habisnya. Nanti ruang kehidupan penuh dengan hal-hal negatif,” tutur Jimly.

Jimly menganggap, tidak mampunya masyarakat memahami dan bersikap terhadap perkembangan informasi secara rasional akhirnya berdampak munculnya gejolak di Indonesia.

“Maka, jadilah segala macam isu yang lama-lama muncul lagi. 'Hantu-hantu' yang entah dimana tempatnya keluar lagi sekarang,” ujar Jimly. (SYH/CR)

Artikel Terkait

KOMENTAR

LEAVE A RESPONSE

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id atau redaksi@icmi.or.id . Untuk kerjasama iklan bisa kirim ke iklan@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved