ngaji-algibran.png

ICMI: Lingkungan Hakim Peradilan Harus Steril dari Politisi dan Pengusaha

Syahrul Hidayanto 13 October 2017 comments ICMINews
Jakarta (ICMI Media) – ICMI mengingatkan bahwa profesi Hakim peradilan merupakan lingkungan tersendiri dan seharusnya steril dari kalangan pengusaha maupun politisi.

Hal itu dikemukakan Ketua Umum ICMI Prof DR Jimly Asshiddiqie pada acara diskusi buku berjudul Penguatan Sistem Pemerintahan dan Peradilan, di Jakarta, Kamis (12/10).

Jimly mencontohkan, masing-masing kota di Jerman memiliki basis khusus tersendiri. Jimly menyebutkan, Berlin berbasis politik, Frankfurt sebagai pusat bisnis kemudian Karlsruhe merupakan kota peradilan. 

“MA, MK, Mahkamah Administrasi, hingga Kejaksaan Agung semuanya di Karlsruhe. Jadi lingkungan para penegak hukum itu sendiri,” ucap Jimly.

Jimly menyarankan, Hakim peradilan agar berhati-hati dalam menjalin pertemanan. Menjadi fakta, ujar Jimly, telah banyak hakim yang ditangkap KPK akibat interaksi yang negatif dengan politisi dan pengusaha lalu berujung penyuapan terhadap perkara ditangani.

“Jadi menurut saya memang harus memperbaiki lingkungan pergaulan,” ungkap Jimly.

Jimly menjelaskan, Hakim peradilan adalah profesi kerja intlektual. Seorang hakim dituntut banyak membaca, menulis hingga pandai berdebat. (SYH/CR)

Artikel Terkait

KOMENTAR

LEAVE A RESPONSE

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id atau redaksi@icmi.or.id . Untuk kerjasama iklan bisa kirim ke iklan@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved