ngaji-algibran.png

ICMI Harapkan Penyelenggaraan Haji Selanjutnya Lebih Baik setelah Terbentuk BPKH

Syahrul Hidayanto 6 October 2017 comments ICMINews
Jakarta (ICMI Media) - ICMI berharap, penyelenggaran ibadah haji pada tahun selanjutnya dapat lebih baik lagi setelah dibentuknya Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Terbentuknya BPKH diharapkan bisa memanfaatkan pengelolaan dana haji untuk pengembangan infrastuktur jamaah.

“BPKH itu mengelola dana hampir Rp 100 triliun. Sudah saatnya dana itu dikelola untuk pegembangan infrastruktur haji. Sbelumnya sudah di program akan membangun hotel di Makkah,” ucap Wakil Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga ICMI, Amirsyah Tambunan kepada ICMI Media, Jumat (6/10).

Amirsyah berpendapat, untuk saat ini pengelolaan penyelenggaraan haji di Indonesia belum dapat disebut sudah masuk kategori optimal. Menurut Amirsyah, kalaupun ada anggapan telah baik, sebab menilai secara umum saja.

“Mungkin penilaian secara umum begitu. Kasus per kasus itu perlu dikanalisasi yang harus diselesaikan secara cepat dan tepat sehingga tidak menimbulkan praktik-praktik negatif ke depan,” ujar Amirsyah.

Amirsyah mengungkapkan, masih ada beberapa pengelolaan perlu dibenahi, seperti banyaknya jamaah haji yang tidak berangkat akibat tertipu penyedia jasa travel haji dan umrah First Travel.

“Saya menyarankan Kementerian Agama sebagai pihak pemberi otoritas perizinan, harus dilakukan monitoring dan evaluasi setiap saat. Sehingga tidak muncul praktik seperti itu. Yang kedua, harus menjadi pelajaran yang ke semua pihak," tutur Amirsyah. (SYH/CR)

Artikel Terkait

KOMENTAR

LEAVE A RESPONSE

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id atau redaksi@icmi.or.id . Untuk kerjasama iklan bisa kirim ke iklan@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved