ngaji-algibran.png

ICMI: Gerakan Islam ke Depan Berubah Lebih Universalisme

Syahrul Hidayanto 12 October 2017 comments ICMINews
Jakarta (ICMI Media) – Kemunculan gerakan neonasionalisme dianggap sebagai bentuk tanggapan rasional masyarakat terhadap gerakan transnasionalisme Islam. 

Bahkan, nantinya diperkirakan muncul gerakan universalisme Islam pada periode selanjutnya. Demikian disampaikan Ketua Umum ICMI Prof DR Jimly Asshiddiqie, di Jakarta, Senin (9/10). 

Jimly menyebutkan, gerakan transnasionalime berkembang di Timur Tengah dan Islam hanya dijadikan merek untuk kepentingan politik. Kemunculannya ditandai oleh Ikhwanul Muslimin yang tidak sanggup menghadapi persaingan selama tiga abad.

Konflik seperti Palestina, Suriah, Irak, Iran, menurut Jimly, ikut memicu gerakan transnasionalisme.

“Jadi bukan lagi neonasionalisme tapi universalime. Itu sebenarnya ide tentang agama untuk semua. Rahmat untuk seluruh alam. Islam bukan hanya kepada seluruh umat manusia. Tapi juga menjadi rahmat seluruh alam,” tutur Jimly. (SYH/CR)

Artikel Terkait

KOMENTAR

LEAVE A RESPONSE

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id atau redaksi@icmi.or.id . Untuk kerjasama iklan bisa kirim ke iklan@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved