ngaji-algibran.png

​ICMI: Bangsa yang Maju Jadikan Kebudayaan Leluhur sebagai Referensi

Syahrul Hidayanto 7 October 2017 comments ICMINews
Jakarta (ICMI Media) - Ketua Umum ICMI Prof DR Jimly Asshiddiqie menilai, kesadaran yang muncul dari dalam diri sendiri bisa dibentuk dari beragam hal. Namun kini yang menjadi persoalan, Indonesia seperti tidak sadar terhadap sejarah kebudayaan bangsa sendiri.

Menurut Jimly, bangsa yang maju dan modern saat ini, tidak pernah melupakan tradisinya sendiri. Bahkan, menjadikan kebudayaan leluhurnya sebagai referensi untuk inovasi ilmiah.

"Cina menulis buku selalu mengutip nenek moyangnya. Itu tradisi yang mereka pertahankan. India selalu menjadikan sejarah leluhurnya sebagai referensi karya-karya bukunya ditambah mengutip sejarah Yunani. Nah kita? Justru lupa dan referensinya budaya luar," ujar Jimly, di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (7/10), pada diskusi buku karyanya berjudu Konstitusi Kebudayaan dan Kebudayaan Konstitusi.

Jimly menyarankan, agar sudah mulai saat ini sudah mulai dicari dan dimunculkan pakar hukum tata negara adat. Jimly menuturkan, pentingnya pakar hukum tata negara adat sebagai profesi keilmuan yang baru di Indonesia sebab minimnya perhatian terhadap sumber konstitusi dari sejarah kebudayaan.

"Nenek moyang kita adalah orang-orang yang hebat. Kita punya sejarah. Harus sadar sejarah kalau ingin menjadi bangsa yg besar," ucap Jimly.

Oleh sebab itu, Jimly mengajak agar mengoptimalkan kampanye kebudayaan mulai sekarang. Masyarakat Indonesia, ungkap Jimly, harus membanggakan kebudayaan bangsa sendiri ke luar. 

"Ini harus jadi cita-cita, tujuan. Referensinya konstitusi sebagai pegangan tertinggi. Daripada kampanye politik, lebih bagus kampanye kebudayaan," ungkap Jimly. (HAS)

Artikel Terkait

KOMENTAR

LEAVE A RESPONSE

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id atau redaksi@icmi.or.id . Untuk kerjasama iklan bisa kirim ke iklan@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved