ngaji-algibran.png

Penggunaan Dana Haji untuk Infrastruktur Harus Berlandaskan Hukum dan Tujuan Jelas

Syahrul Hidayanto 4 August 2017 comments ICMINews
Jakarta (ICMI Media) -  Presiden Joko Widodo diharapkan bisa menjelaskan secara rinci kepada publik, khususnya umat Islam, terkait kebijakan penggunaan dana haji untuk pembangunan infrastruktur.

Sehingga nantinya ada alasan yang bisa diterima dan berlandaskan kepada hukum. Pendapat tersebut diungkapkan Sekjen Masika ICMI DR Ismail Rumadan melalui keterangan resminya yang diterima ICMI Media, Rabu (3/8).

Menurut Ismail, penjelasan mengenai digunakannya dana haji untuk membantu pembangunan infrastruktur penting dikemukakan sebab dua alasan.

Pertama, ucap Ismail, itu adalah dana umat Islam. Dengan begitu, penggunaannya harus berkaitan degan kepentingan umat Islam.

"Infrastruktur yang mau dibangun apa? Apakah infrastruktur yang dibangun terkait dengan gedung sekolah Islam, masjid atau yang lainnya?" tutur Ismail.

Kemudian kedua, kata Ismail, dijelaskannya status dana haji tersebut apakah secara hukum sebagai pinjaman atau lainnya. Jika memang secara hukum berstatus pinjaman, menurut Ismail, perlu dikonversi ke APBN atau APBNP dan model pengembaliannya.

Berdasarkan alasan itu, Masika ICMI mengimbau jika Presiden mengutamakan prinsip "the right to receive” dan kejelasan tujuan penggunaan dana haji.

Terkait dengan polemik dana haji untuk pembangunan infrastruktur, Ismail menyatakan sebaiknya berdasarkan prinsip anggaran publik.

Prinsip anggaran publik itu, menurut Ismail antara lain, pertama, pihak eksekutif telah mendapatkan persetujuan pemberian kuasa dari legislatif terkait penggunaan dana haji.

Lalu kedua, tidak bebas menentukan untuk apa pembagian penggunaan dana yang telah dikuasakan kepada Presiden. Ketiga, dana haji sebaiknya jelas terinci namun sederhana, dapat dipahami umat Islam dan tidak membingungkan.

Selanjutnya terakhir, penggunaan dana haji diketahui oleh publik yang berlandaskan UU Keterbukaan Informasi. (HAS)

Artikel Terkait

KOMENTAR

LEAVE A RESPONSE

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id atau redaksi@icmi.or.id . Untuk kerjasama iklan bisa kirim ke iklan@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved