iklan-baner-euro.gif

ICMI: Islam Agama yang Ramah dan Bercita-cita Wujudkan Kesalehan Kolektif

Syahrul Hidayanto 5 August 2017 comments ICMINews
Jakarta (ICMI Media) - Islam di Indonesia adalah agama yang diamalkan secara ramah dan bersahabat. Agama yang bersikap terbuka bekerjasama dalam kebajikan serta ingin membangun kesalehan kolektif tanpa batas, termasuk keyakinan.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua Majelis Dialog Antar Agama dan Kebudayaan ICMI Syamsi Ali kepada ICMI Media, Sabtu (5/8).

"Kesalehan kolektif inilah yang terekspresikan dalam firmanNya Baldatun Thoyyibatun wa Rabbun Ghafuur," kata Syamsi Ali.

Hal lainnya yang dijelaskan Syamsi Ali adalah mengenai tiga aspek yang perlu diperhatikan umat Islam guna menjaga sikap persatuan, termasuk soal kebangsaan.

Pertama, kata Syamsi Ali, bahwa kemajuan atau kemunduran bangsa Indonesia, semuanya akan ditentukan oleh warga kehidupan umat Islam.

Syamsi Ali beranggapan, sebanyak 87 persen penduduk Indonesia adalah umat Islam. Oleh karenanya, tidak perlu dibuat membenturkan antara loyalitas kepada agama dan negara.

Aspek kedua, menyadari bahwa keragaman yang ada adalah lahir secara alami dalam hidup. Merupakan hukum universal jika hidup tidak monolitik. 

“Jika tidak mau berbeda, maka hidup sendirilah di hutan sana,” ujar Syamsi Ali.
Kemudian ketiga, ucap Syamsi Ali, umat Islam jangan segera menyimpulkan sesuatunya secara tergesa-gesa padahal salah. (SYH/CR)

Artikel Terkait

ICMI Gelar Pemotongan dan Pembagian Qurban

Syahrul Hidayanto 18 August 2017

KOMENTAR

LEAVE A RESPONSE

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id atau redaksi@icmi.or.id . Untuk kerjasama iklan bisa kirim ke iklan@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved