ngaji-algibran.png

Halal bi Halal ICMI: dari Penguatan Demokrasi hingga Ekonomi Kerakyatan

Syahrul Hidayanto 12 August 2017 comments ICMINews
Jakarta (ICMI Media) - ICMI menggelar Halal bi Halal yang berlangsung Jumat malam (11/8), di Jakarta Selatan. Selain dihadiri Ketua Umum Prof DR Jimly Asshiddiqie dan Sekretaris Jenderal M Jafar Hafsah, tampak pula jajaran pengurus ICMI lainnya, termasuk dari daerah.
 
Dalam sambutannya, Jimly mengatakan, melalui ajang silaturahmi seperti ini diharapkan mampu menjadi semangat dan akan membekas untuk menuju tingkatan yang lebih tinggi yaitu halal bi halal kebangsaan.
 
Jimly menilai, kondisi kebangsaan sekarang ini telah amat bebas, apalagi dengan potensi yang dimiliki yakni keragaman etnis dan sejarah. Kendati kaya potensi tersebut, Jimly merasa khawatir bila kebebasannya tidak diawasi.
 
"Kebenaran di persepsi masing- masing kelompok itu yang menyebabkan kerancuan," tutur Jimly.
 
Menurut Jimly, baru kini benar-benar dirasakan bahwa nilai sebuah demokrasi itu amat mahal. Terkait itu, ucap Jimly, agar demokrasi terlaksana secara baik maka penting menguasai sektor ekonomi yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat Indonesia.
 
"ICMI harus mempromosikan kebijakan yang dengan sengaja mewujudkan keadilan sosial bagi rakyat. Kalau etnisitas berkolaborasi dengan sumber daya manusia, itu tidak sehat," ucap Jimly.
 
Oleh sebab itu, Jimly mengajak agar ICMI dan organisasi lainnya memiliki kesadaran ekonomi dan mengambil perannya masing-masing untuk menuju penguatan tersebut.
 
"Karena kalau sudah masuk dunia politik, bisa lupa segalanya," ujar Jimly.
 
Hal lainnya dikemukakan Jimly adalah menyangkut arah gerakan ICMI yang hingga sekarang terus berpedoman kepada dua arah, yaitu ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta keimanan ketakwaan (imtak).
 
Kedua istilah yang diciptakan Ketua Dewan Kehormatan ICMI sekaligus Presiden Indonesia ketiga Prof Ing BJ Habibie menugaskan ICMI mampu menggerakan kemudian mengembangkan dunia riset yang tidak terpisah dengan kesadaran iptek maupun imtak. (SYH/HAS)
 

Artikel Terkait

KOMENTAR

LEAVE A RESPONSE

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id atau redaksi@icmi.or.id . Untuk kerjasama iklan bisa kirim ke iklan@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved