iklan-baner-euro.gif

ICMI: Pemimpin Itu Keteladanan dan Rujukan Integritas Moral

Chamid Riyadi 17 May 2017 comments ICMINews
Jakarta, (ICMI Media) - Keteladanan dan integritas moral adalah syarat mutlak yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Selanjutnya didukung dengan kemampuan teknis serta profesionalisme.

Demikian disampaikan Wakil Sekretaris Dewan Pakar ICMI Abdul Hamid kepada ICMI Media, Rabu (17/5). Kedua aspek tersebut, tutur Hamid, sama pentingnya sebab pemimpin adalah figur.

Menurut Hamid, seorang pemimpin perlu memahami aspek sosiologis dengan merangkul semua golongan. Hamid berpendapat, sebab masyarakat di Indonesia amat beragam dan tidak tunggal.

Hamid mencontohkan mengenai kasus yang akhir-akhir ini marak menjadi isu nasional yaitu sosok mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang telah divonis bersalah melakukan penodaan agama surah Al Maidah ayat 51 oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

"Belajar dari kasus pak Ahok, dia memiliki profesional dan teknis yang baik, tetapi ada kekurangan dari kedua hal tersebut," ucap Hamid.

Menurut Hamid, kasus Ahok menjadi contoh bahwa menjadi pemimpin tidak cukup hanya mempunyai kapasitas teknis saja. 

"Setiap hari pemimpin dilihat dan didengar oleh masyarakat. Apapun yang diucapkan dan dilakukan setiap hari mempunyai pertangungjawaban publik. Jadi bukan saja tanggung jawab birokrasi saja, kalau tidak ada, akan seperti menimpa pak Ahok," ujar Hamid.

Hamid mengingatkan, peristiwa Ahok menjadi pelajaran penting kepada seluruh pemimpin di Indonesia, mulai dari Presiden, Menteri, Gubernur hingga Bupati dan Walikota.* (L/CH)

Artikel Terkait

KOMENTAR

LEAVE A RESPONSE

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved