ngaji-algibran.png

Perlu Rumusan yang Tepat Tingkatkan Kesejahteraan Umat Islam

Syahrul Hidayanto 25 April 2017 comments ICMINews
Jakarta, (ICMI Media) - Kebijakan reformasi agraria yang ditetapkan Pemerintah Indonesia diharapkan mampu mengatasi persoalan kemiskinan dan ketimpangan ekonomi. Kebijakan itu diimbau melibatkan masyarakat sebagai bagian dari pemiliknya.

"Kalau bisa bernegosiasi dengan pengusaha agar terdapat inti plasma. Misalnya dari kepemilikannya tersebut sebanyak 20 persen untuk rakyat," kata Ketua Koordinasi Pengembangan Ekonomi Nasional ICMI Prof DR Didik J Rachbini kepada ICMI Media, di Jakarta, Selasa (25/4).

Berkaitan dengan reforma agraria, Didik beranggapan, pemerintah harus memprioritaskan tanah-tanah yang statusnya terlantar.

"Pemerintah jangan menganggu tanah yang produktif yaitu tanah perkebunan, baik yang sudah dimiliki masyarakat atau para pengusaha," ujar Didik.

Terkait rencana pemerintah yang akan mengembangkan BUMDes, menurut Didik, itu merupakan hal bagus. Walaupun, ucap Didik, pada realisasinya nanti tidak semua masyarakat dapat menjadi pengusaha.

"Mereka yang ingin jadi petani harus dikasih tanah Dan tidak boleh dijual," ujar Didik.

Selain itu, Didik juga mengungkapkan keprihatinannya dengan kondisi ekonomi umat Islam yang masih lemah. Menurut dia, basis ekonomi umat Islam berada di pesantren, masjid, sekolah-sekolah dan organisasi-organisasi Islam.

"Umat Islam jiwa kewirausahaannya masih kurang. Sumber daya manusia lemah sebab hampir separuh dari pekerja yang ada di industri, pertanian, lulusan SMP, mereka adalah mayoritas umat Islam," tutur Didik.*** (L/CH)

Artikel Terkait

BPJS Kesehatan Tingkatkan Mutu Pelayanan untuk Lansia

Syahrul Hidayanto 20 September 2017

KOMENTAR

Posting comments after three months has been disabled.

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id atau redaksi@icmi.or.id . Untuk kerjasama iklan bisa kirim ke iklan@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved