iklan-baner-euro.gif

Pemerintah Perlu Bekali Pelatihan dan Pengetahuan ke Petani

Chamid Riyadi 21 April 2017 comments ICMINews
Jakarta, (ICMI Media) - Pemerintah Indonesia dinilai perlu membekali para petani dengan pelatihan dan pengetahuan pertanian sebelum nantinya mereka dibagikan lahan produktif seluas 12,7 juta hektare dan dana desa.

Hal itu diungkapkan Ketua Kelompok Kerja Satu Desa Satu BMT (Pokja SDSB) ICMI Aries Muftie kepada Media ICMI dengan tujuan potensi daerah yang ada di Indonesia bisa maksimal.

"Pemerintah akan bagikan tanah. Selain itu juga desa mereka mendapatkan dana dari program Danesa. Itu semua belum cukup karena yang paling utama adalah sumber daya manusia," kata Aries, belum lama ini.

Aries mencontohkan, di negara Malaysia terdapat sepuluh desa dengan mayoritas pekerjaanya adalah petani. Mereka memiliki kebun kelapa sawit namun juga ada kemampuan pengolahannya untuk CPO. 

"Kemudian di kelola oleh BUMN sehingga para petani kelapa sawit dapat nilai jual dan keuntungan dari pengolahan tersebut. Bandingkan jika di Indonesia, petani punya kebun tetapi tidak memiliki pabrik," ucap Aries.

Aries menyebutkan, berdasarkan data BPS, para petani di Indonesia hanya memiliki lahan 0,3 hektare. Sementara di Malaysia, 1 Kepala keluarga (KK) dapat memiliki lima hektare lahan dan tidak boleh di jual beli.

Menurut Aries, pemerintah melaui BUMN perlu merangkul para petani agar potensi daerah yang ada bisa dimaksimalkan dan dimanfaatkan.*** (L/CH)

Artikel Terkait

KOMENTAR

LEAVE A RESPONSE

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved