iklan-baner-euro.gif

Lukman Hakim: Pilkada Jangan Sampai Mengoyak Hubungan Pertemanan dan Persaudaraan

Chamid Riyadi 9 April 2017 comments ICMINews
Jakarta, (ICMI Media) - Pilkada DKI Jakarta diharapkan tak merusak hubungan persahabatan antar-warga. Pemilih diharapkan bijak menyikapi keberagaman yang ada di Indonesia, terutama Jakarta sebagai miniatur negara.

Pilkada DKI Jakarta putaran kedua akan digelar pada 19 April 2017. Menjelang pemilihan, beredar isu-isu yang menyinggung suku, agama, ras, dan antar golongan. Misalnya, beredar spanduk bernada provokatif yang enggan menyalatkan jenazah bagi pendukung dan pembela salah satu pasangan calon.

Perseteruan juga tak dihindarkan dalam perbincangan di media sosial, Facebook, atau di grup aplikasi komunikasi WhatsApp. Karena hanya perbedaan pilihan pemimpin, Wakil dewan pakar ICMI yang juga Menteri AgamaLukman Hakim Saifuddin berharap hubungan warga tak bercerai-cerai.

"Intinya adalah bagaimana bahwa kita menghadapi pilkada jangan sampai mengoyak, merusak hubungan-hubungan yang sudah baik selama ini. Hubungan pertemanan, hubungan persahabatan, hubungan persaudaraan bahkan. Perkawanan itu jangan dirusak karena perbedaan kita dalam pilihan menghadapi pilkada," imbau Lukman di Kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta Pusat, Jumat (7/4/2017).

Dikutip dari laman Tribunnews.com, Lukman meminta warga terbiasa menyikapi perbedahan pilihan. Karena, masing-masing pilihan harus dihargai oleh satu sama lain. Para pihak yang berkepentingan dalam pemilihan, Lukman berharap, tak menggunakan agama untuk menafikan satu dengan yang lain.

"Tapi bagaimana agar nilai-nilai agama itu justru menyatukan kita di tengah-tengah keragaman yang ada," ujar Lukman.

Pilkada DKI Jakarta akan berlangsung dua pekan ke depan. Tersisa dua kandidat, yakni pasangan calon nomor urut dua, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok-Djarot Saiful Hidayat, dan pasangan calon nomor urut tiga, Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno.*** (T/CH)

Artikel Terkait

KOMENTAR

LEAVE A RESPONSE

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved