iklan-baner-euro.gif

Jimly Asshidiqqie: Jangan Mainkan Isu Agama dalam Pilkada

Syahrul Hidayanto 9 April 2017 comments ICMINews
Jakarta, (ICMI Media) - Ketua umum Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Prof. Dr. Jimly Asshidiqqie, meminta agar tidak ada isu agama yang dimainkan jelang Pilkada DKI putaran kedua. Menurutnya, isu agama saat ini tak akan efektif mempengaruhi masyarakat.

“Isu agama tidak akan membuat masyarakat terpengaruh, karena sebagian besar pemilih bersifat rasional,” kata Jimly, menjawab wartawan, usai seminar bertema “Indonesia di Persimpangan antara Negara Pancasila vs Negara Agama”, di Hotel Aryaduta, Jakarta, Sabtu (8/4/2017).

Jimly mencontohkan pelaksanaan Pilkada di Kepulauan Sula, Maluku Utara. Kabupaten yang mayoritas penduduknya beragama Islam itu, saat ini dipimpin oleh orang yang beragama Protestan. Saat Pilkada ia juga didukung oleh beberapa parpol berbasis Islam.

“Kepulauan Sula itu 90 persen masyarakatnya Muslim, yang menang Pilkada namanya Hendrata Thes. Dia seorang yang beragama Protestan dan beretnis Tionghoa, nggak ada yang marah,” ujar Jimly.

Dikutip dari laman Jaringnews.com, Mantan ketua Mahkamah Konstitusi ini juga mengatakan, saat ini masyarakat lebih melihat sosok yang akan dipilihnya. Oleh karena itu, siapapun tidak boleh melarang seseorang dalam menentukan pilihan politiknya.

“Memang itu yang diinginkan masyarakat setempat (di kepulauan Sula), Kita tidak boleh melarangnya,” katanya.

Jimly berharap warga DKI Jakarta belajar dari masyarakat Kepulauan Sula. Ia berharap warga Jakarta bisa menjaga perdamaian, siapapun yang kelak terpilih jadi Gubernur Jakarta.

“Misalnya di DKI, yang menang bukan temannya Hendrata (Anies Baswedan), ya berati itu kehendak rakyat. Tapi kalau yang menang temannya Hendrata (Basuki Tjahaja Purnama), itu artinya masyarakat menginginkan dia menjadi gubernur,” paparnya.*** (T/CH)

Artikel Terkait

ICMI Gelar Pemotongan dan Pembagian Qurban

Syahrul Hidayanto 18 August 2017

KOMENTAR

Posting comments after three months has been disabled.

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id atau redaksi@icmi.or.id . Untuk kerjasama iklan bisa kirim ke iklan@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved