iklan-baner-euro.gif

Ini Penjelasan Ilmiah Tentang Gunung Berapi Seperti Awan Sedang Berjalan

Syahrul Hidayanto 7 April 2017 comments ICMINews
Jakarta, (ICMI Media) - Allah berfirman dalam Al-Quran Surah An Naml ayat 88 yang artinya, dan engkau akan melihat gunung-gunung, yang engkau kira tetap di tempatnya, padahal ia berjalan seperti awan berjalan. Itulah ciptaan Allah yang mencipta dengan sempurna segala sesuatu. Sungguh, dia Maha Teliti apa yang kamu kerjakan.

Sekretaris Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Teuku Abdullah Sanny menyebutkan, firman Allah yang menyebutkan bahwa gunung berapi seperti layaknya awan yang sedang berjalan itu bisa dijelaskan secara ilmiah.

"Bagaimana peristiwa tersebut bisa dipahami, hanya dengan ilmu pengetahuanlah yang bisa memahaminya. Seumur-umur, orang Bandung jika melihat Gunung Tangkuban Perahu tetap disitu saja dia tidak bergerak," kata T.A Sannya yang juga Ahli Geofisik dari ITB kepada ICMI Media saat melakukan wawancara di Jakarta, Kamis (6/4).

Pria asal Aceh itu menyebutkan,  banyak yang tidak tahu kalau gunung yang ada di dunia ini sedang bergerak. Hal itu dikarenakan  adanya patahan lempeng yang bergerak.

"Hal itu bisa diketahui setelah adanya penemuan GPS oleh para ilmuwan yang digunakan untuk memantau. Para ilmuwanlah yang memantau, Sumatera bagain barat dengan Sumatera bagian timur berpindah, dan gerakannya hanya 6 centimeter per tahun," ujar pria yang pernah dinobatkan sebagai Inovator Paling Prospektif 2009 oleh Menristek RI.

Menurutnya, orang biasa tidak akan bisa melihat, tapi ilmuwan lah yang melihat fenomena tersebut. Sama halnya dengan gunung-gunung dan pulau yang lainnya, misalnya  Australia sedang mendekat ke pulau Jawa.

"Bisa jadi dalam jangan lima sampai tujuh juta tahun mendatang Autralia sudah menyatu dengan pulau Jawa. Kepingan benua Austalia itu ada di Sulawesi, bagaimana memahami itu, hanya dengan ilmu pengetahuan yang bisa memahami fenomena tersebut," katanya. *** (L/CH)

Artikel Terkait

ICMI Gelar Pemotongan dan Pembagian Qurban

Syahrul Hidayanto 18 August 2017

KOMENTAR

Posting comments after three months has been disabled.

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id atau redaksi@icmi.or.id . Untuk kerjasama iklan bisa kirim ke iklan@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved