iklan-baner-euro.gif

ICMI: Penanggulangan Berita Hoax Perlu Gerakan Bersama

Chamid Riyadi 28 April 2017 comments ICMINews
Jakarta, (ICMI Media) - Semakin maraknya pemberitaan yang tidak sesuai fakta alias hoax menuntut upaya bersama menanggulanginya. Membentuk gerakan bersama dari semua kalangan dirasakan penting.

Hal itu diungkapkan Ketua Koordinasi Pengembangan Kominfo dan Media Ahmad Muchlis Yusuf kepada Media ICMI, Jumat (28/4).

"Sebuah gerakan bersama dengan kesadaran masing-masing untuk mencegah keberadaan hoax karena hal itu (pemberantasannya) tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri," kata Muchlis.

Muchlis mengatakan, gerakan tersebut mencakup dua syarat sebagai cara melawan informasi hoax. Aspek pertama, ucap Muchlis, informasi yang disampaikan tersebut harus akurat atau benar.

"Caranya yaitu dengan cek dan ricek. Di situlah pentingnya sebuah jaringan. Kalau tidak ada jaringan bagaimana mau melakukan konfirmasi informasi itu," ujar Muchlis.

Muchlis meminta kepada semua pihak untuk terus meningkatkan komunikasi dengan orang lain. Menjalin hubungan dengan lembaga-lembaga dan keluarga besar, ucap Muchlis, amat diperlukan.

"Mulai dari lingkungan keluarga, kemudian masyarakat agar kita bisa saling cek dan ricek terhadap informasi itu," tutur Muchlis yang juga merupakan Pemred Media ICMI.

Selanjutnya syarat kedua, ungkap Muchlis, yaitu mengkaji bagaimana dampak manfaat dari informasi yang dikabarkan. 

"Jika informasi itu memang sudah benar, kemudian apakah informasinya bermanfaat atau tidak untuk orang lain," ucap Muchlis.

"Kalau sudah memenuhi kedua syarat tersebut, baru kita sebarkan kepada yang lainnya," tutur Muchlis.*** (L/CH)

Artikel Terkait

KOMENTAR

LEAVE A RESPONSE

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved