iklan-baner-euro.gif

ICMI Orwil Jabar Sukses Mengembangkan Program Unggulannya

Chamid Riyadi 11 April 2017 comments ICMINews
Jakarta, (ICMI Media) - Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, kini patut merasa bangga. Pasalnya, kini ada desa di kabupaten tersebut yang telah dijadikan percontohan Desa Emas hasil gagasan ICMI Pusat.

"Tepatnya di Kabupaten Indramayu ada desa yang telah dijadikan percontohan program Desa Emas. Sudah berjalan dan cukup berhasil," ujar Ketua ICMI Organisasi Wilayah (Orwil) Jawa Barat, Muhammad Najib, kepada Media Center ICMI, Senin (10/4).

Najib menjelaskan, Desa Emas merupakan program yang digagas ke masyarakat di tingkat desa atau kelurahan untuk bertujuan memberdayakan ekonomi berbasis potensi daerahnya.

"Jika suatu desa memiliki potensi pertanian, maka bidang itu yang akan dikembangkan atau misalnya jika industri kerajinan ya industri kerajinan itu yang akan dikembangkan," Najib menuturkan.

Cakupan program lainnya di lingkungan ICMI Orwil Jawa Barat yang juga menuai keberhasilan adalah terlaksananya Toko ICMI. Selama dua tahun ini sebarannya mencapai 300 titik dari target 400 titik.

Menyangkut program lain yang bersinggungan dengan imtak dan iptek, Najib menyampaikan, pihaknya memberikan bantuan kepada lembaga pendididkan unggulan.

"Apalagi lembaga-lembaga pendidikan yang kualitasnya masih rendah, terutama sekolah madrasah. Kita akan dukung dan bantu dalam bidang manajemen serta ipteknya juga," ucap dia.

Dukungan dan bantuan dari ICMI Orwil Jawa Barat tersebut di antaranya melingkupi pelajaran matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan keterampilan di bidang teknologinya. 

"Saat ini sudah ada program yang sedang berjalan di Kabupaten Karawang. Membangun sebuah Madrasah Insan Cendekia yang digagas ICMI," ujar Najib.

Najib menyatakan, ICMI Orwil Jawa Barat menaruh kepentingan membangun MAN Insan Cendekia seperti di Serpong, Banten. Pengembangan dan pembangunan Madrasan Insan Cendekia di Kabupaten Karawan melibatkan pemerintah provinsi setempat dan kantor wilayah Kementerian Agama di sana

Kendati demikian, Najib mengakui, masih ada program lainnya yang belum terealisasi, seperti Satu Desa Satu BMT.*** (L/CH)

Artikel Terkait

KOMENTAR

LEAVE A RESPONSE

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved