ngaji-algibran.png

ICMI Kota Tangerang bersama MPR-RI Gelar Sosialisasi Empat Pilar

Syahrul Hidayanto 10 April 2017 comments ICMINews
Jakarta, (ICMI Media) - Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kota Tangerang menggelar kegiatan sosialisasi empat pilar MPR-RI di Rumah Makan Bambu Oju, Neglasari, Kota Tangerang, Minggu (9/04).

Kegiatan yang digelar sejak pukul 01.00 WIB tersebut dihadiri oleh ratusan anggota ICMI, unsur pemuda – mahasiswa, tokoh masyarakat. Sebagai nara sumber langsung M. Ali Taher Ketua Komisi VIII DPR-RI dan Jazuli Abdillah selaku pengamat sosial Kota Tangerang .

“Empat pilar ini merupakan salah satu bagian dari penguatan dasar Pancasila, dimana sekarang ini mulai memudar, fakta yang terjadi bukan kecintaan pada negara lagi. Tapi kecintaan pada sukuisme serta kelompok-kelompok,” ujar politisi PAN ini.

Dikutip dari laman Penamerdeka.com, ia juga menjelaskan, untuk daerah Kota Tangerang sendiri sebagai penyangga Ibu Kota Jakarta sehingga tingkat dinamikanya tinggi sekali makanya perlu ditingkatkan kembali soal sosialisasi empat pilar MPR-RI, karena kata Ali Taher, faktor disintregrasi sosialnya juga cukup kuat.

“Sepertihalnya kesenjangan antara si miskin dan si kaya, kan masih banyak sekali terjadi,” ungkapnya

Jangan sampai lanjut Ali Taher mengatakan, pemerintah daerah hanya membangun gedung-gedung mewah, namun hak masyarakatnya tidak dapat terpenuhi.

“Jadi bagaimana pemerintah dapat mengatasi hal tersebut agar masyarakat dapat merasakan hak-haknya yang dapat terpenuhi,” tandasnya.

Kata Jazuli Abdilah dalam kesepatan sebagai nara sumber ke 2 menyebut bahwa adanya keberagaman penduduk harus disikapi dengan toleransi yang tinggi. Hal ini sudah mengikis, sosialisasi empat pilar menjadi sangat penting. Artinya semua unsur masyarakat harus bisa menselaraskan keberagaman seperti yang tertuang dalam Bhineka Tunggal Ika.

“Kejadian atau peristiwa yang tidak mengenakan seperti bentrok sosial ditengah masyarakat lantaran komunikasi yang terjadi tidak selaras,” ucapnya menegaskan.

Jadi tandas Jazuli, adanya sosialisasi empat pilar sangat penting dilakukan kendati berat dilaksanakan. Ia menghimbau supaya masyarakat yang hadir dalam acara ini bisa langsung menerapkan teorinya dilapangan. *** (T/CH)

Artikel Terkait

KOMENTAR

Posting comments after three months has been disabled.

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id atau redaksi@icmi.or.id . Untuk kerjasama iklan bisa kirim ke iklan@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved