iklan-baner-euro.gif

JK: Pemilu di RI Jauh Lebih Aman Ketimbang Thailand dan Filipina

Chamid Riyadi 16 February 2017 comments ICMINews
Jakarta, (ICMI Media) - Wakil Presiden RI yang juga Ketua Dewan Penasehat Pusat Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Jusuf Kalla (JK) menyebut pesta demokrasi yang berlangsung di Indonesia jauh lebih aman ketimbang negara Asia Tenggara lainnya seperti ‎Thailand dan Filipina.

JK menyatakan, hal ini terbukti dari proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara serentak hari ini yang ‎berjalan aman dan damai. Hingga saat ini kondisi di provinsi atau kabupaten/kota yang melangsungkan pilkada terbukti aman tanpa adanya gangguan.

‎"Itu terbukti, di Indonesia ini, pilkada atau pilgub (pemilihan gubernur) sangat aman. Dibanding negara lain, di Filipina dan Thailand. (Di Indonesia) tidak ada ancaman ini," ujar dia di Jakarta, Rabu (15/2/2017).

Dikutip dari laman Liputan6.com, menurut JK, proses demokrasi di Indonesia memberikan kebebasan kepada setiap warga negara yang memiliki hak suara untuk menentukan ‎pilihan sesuai dengan keinginannya. Para pemilih tersebut bisa memilih sesuai dengan apa yang dipercayai.

"Demokrasi itu kan kalau memilih sesuai dengan apa yang dia percaya. Percaya kan bisa macam-macam percaya, karena prestasinya, atau percaya karena ideologi, bisa percaya karena kesamaan agama, percaya masa depan," jelas dia.

Selain itu, para pemilih di Indonesia saat ini juga dinilai semakin pandai dan mengerti proses politik yang terjadi. Sehingga para pemilih ini punya banyak pertimbangan akan pasangan calon (paslon) yang dipilihnya.

"Macam-macam pertimbangan orang, tidak cuma satu. Tidak cuma visi dan misi tapi ada kebersamaannya. Itu kita tidak bisa terka atau orang ini memilih karena apa, tapi tergantung apa yang dia percaya. Ada teman dekat percaya betul dia nomor satu, nomor dua bisa memajukan Jakarta dia seperti itu," tandas JK.*** (T/CH)

Artikel Terkait

Pesan Habibie soal SARA

Chamid Riyadi 25 March 2017

KOMENTAR

LEAVE A RESPONSE

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved