ngaji-algibran.png

Marwan Jafar: Anggaran Dana Desa Tidak Diubah Dalam RAPBNP 2016

8 April 2016 comments Toko ICMI

Jakarta, (ICMI Media) - Wakil Ketua Dewan Pakar Pusat Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI), yang juga Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Marwan Jafar mengatakan, pemerintah tidak akan mengganggu gugat pagu dana desa dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2016. Anggaran dana desa tetap menjadi prioritas sehingga tidak terkena pemangkasan. 

"Anggaran dana desa tetap Rp 46,9 triliun. Tidak ada perubahan, jadi tetap sesuai rencana," kata Marwan Jafar seusai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna di kantor Sekretariat Negara, Kamis (7/4). 

Pemerintah melalui Sidang Kabinet Paripurna memutuskan untuk melakukan penghematan anggaran hingga Rp 50,6 triliun dalam RAPBNP 2016. Anggaran yang akan dipangkas atau dihemat adalah anggaran yang sifatnya nonproduktif seperti belanja operasional kementerian dan lembaga. 

Karena itu, Marwan berharap agar setiap desa dapat menggunakan dana desa sesuai tujuannya. Dijelaskan Marwan, prioritas pertama penggunaan dana desa adalah untuk membangun infrastruktur seperti jalan desa, irigasi, hingga jembatan. 

Kemudian membangun sarana dan prasarana desa seperti posyandu, PAUD (pendidikan anak usia dini). Sedangkan prioritas ketiga untuk peningkatan kapasitas ekonomi desa dengan membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes, koperasi desa, usaha pertanian, peternakan, hingga perkebunan desa. 

"Jadi, kalau infrastrukturnya belum bagus, desa jangan dulu gunakan dana desa untuk yang lain-lain," pungkasnya.***Rep/FS/R1

Artikel Terkait

KOMENTAR

Posting comments after three months has been disabled.

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id atau redaksi@icmi.or.id . Untuk kerjasama iklan bisa kirim ke iklan@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved