iklan-baner-euro.gif

OJK Imbau BMT Segera Urus Izin Resmi

Redaksi 12 January 2016 comments Desa Emas

Jakarta, (ICMI Media) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau baitul maal wa tamwil (BMT) bisa segera mengajukan izin kepada regulator, baik sebagai koperasi lembaga keuangan mikro syariah (LKMS) atau koperasi syariah. Dengan begitu, makin BMT bisa bersinergi dengan lembaga keuangan lain.

Deputi Komisioner Pengawas IKNB 1 OJK Edy Setiadi mengatakan, LKM syariah yang kebanyakan berupa BMT umumnya sudah berbadan hukum koperasi. BMT tinggal menentukan, jika usaha mereka di jasa keuangan regulatornya adalah OJK. Sementara jika koperasi biasa, BMT bisa mengajukan izin ke Kementerian Koperasi dan UMKM.

Intinya, kata Edy, jangan sampai menimbulkan  pertentangan, sebab Kemenkop dan OJK punya  wilayah yurisdiksi sendiri. ''OJK mengajak. silakan LKMS mau mendaftarkan diri ke Kemenkop atau OJK sesuai bidang bisnisnya,'' kata Edy.

Koperasi di bawah Kemenkop atau OJK, keduanya terbuka menjadi mitra lembaga keuangan syariah lain seperti menjadi agen asuransi mikro syariah. Perusahaan mitra juga akan melihat mana yang cocok dengan mereka.

Koperasi jasa keuangan bisa liquidity missmatch jika pendanaan hanya dari anggota tapi pembiayaan lebih luas dari anggota. ''Koperasi tergantung tujuannya. Kalau  menyalurkan dana bantuan pemerintah, tidak  masalah. Tapi kalau untuk kesejahteraan desa  secara umum, harusnya sumber dananya bisa  dari mana saja termasuk perbankan, perusahaan pembiayaan, atau donor,'' tutur Edy. ***FIN.ID/IS/R1

Artikel Terkait

KOMENTAR

Posting comments after three months has been disabled.

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved