iklan-baner-euro.gif

ICMI Diharap Bentuk Majelis Penguatan Ekonomi Umat

Redaksi 29 January 2016 comments Bank Wakaf

Jakarta, (ICMI Media) - Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) diharap untuk segera membentuk Majelis Penguatan ekonomi Umat melihat fakta bahwa sebagian besar lahan desa dikuasai oleh pemodal asing, demikian diungkapkan Ketua Kelompok Kerja Bank Wakaf ICMI, Dr. Zainulbahar Noor, yang dikutip ICMI Media pada Jumat (29/1) dari grup diskusinya.

"Miris sekali, membaca dari headline sebuah koran nasional kemarin (Kamis-red), yang mengungkap bahwa 86 persen lahan di DKI Jakarta benar-benar sudah dikuasai real estate yang kepemilikannya rata-rata non-pribumi," ujar Zainulbahar.

Lebih ironisnya menurut Mantan Dubes Indonesia untuk Yordania itu, sisa 14 persen adalah milik pemerintah, tanah wakaf dan milik rakyat yang hanya sebagian kecilnya milik ummat.

"Belum terhitung dari kekhawatiran kita atas apa yang akan terjadi ketika Proyek Reklamasi Pluit City terjadi dengan berdirinya ratusan gedung pencakar langit dan apartemen mewah yang akan menjadi pusat bisnis lokal dan regional. Mungkin semacam "Hongkong-nya RRT", sementara itu disaat yang sama keadaan ummat tidak akan mampu membeli bahkan untuk tipe studio (satu kamar) apartemen agar pengusaha ummat Islam bisa memiliki kantor di office buildings mewah di sana," terang Zainulbahar.

Pakar ekonomi dan keuangan syariah itu memprediksi, saat itu terjadi angka kemiskinan telah meningkat ke angka 28,5 juta jiwa atau 11,5 persen dari total penduduk Indonesia jika dihitung biaya hidup perorang adalah US$ 1,00 per hari.

"ICMI hampir menjadi satu-satunya organisasi intelektual yang diharapkan bisa melaksanakan affirmative-action (tindakan nyata) melalui Majelis Penguatan Ekonomi Ummat jika memang ada di struktur yang baru di ICMI nantinya,mari kita singsingkan lengan baju untuk bekerja keras dan bersinergi lewat ICMI ini," pungkas Zainulbahar.***L/IS/R1

Artikel Terkait

KOMENTAR

Posting comments after three months has been disabled.

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved