ngaji-algibran.png

Wujudkan Desa Emas, Ponpes Sidogiri Gandeng SDSB ICMI

Redaksi 28 November 2015 comments Desa Emas

Jakarta, (ICMI Media) - Untuk mewujudkan realisasi desa emas, Pondok Pesantren Sidogiri bersama unit-unit pesantren lainnya menggandeng kelompok kerja (Pokja) SDSB Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) dengan target 33 Desa Emas.

"Kami sudah mengadakan pertemuan dengan KH Mahmud Zain, Kyai Bashori dan jajarannya dari Ponpes Sidogiri, BMT Sidogiri, BMT Maslahah, Desa EMAS Qaryah  Thayyibah, BPRS Ummu dan afiliasi dari amal usaha Ponpes yang sudah mengakar ke AMDK (Air Minum Dalam Kemasan), perkebunan sawit, Properti, Sekolah, Klinik, Bank, Asuransi, Satelit, ICT dengan omset Triliunan," kata Ketua Pokja SDSB (Satu Desa Satu BMT), Prof Dr Aries Muftie, kepada ICMI Media, Jumat (27/11).

Menurut Aries yang juga Komisaris Bank Panin Syariah itu, saat ini mereka tengah membuat 33 Desa Emas sebagai uji coba Gerakan Desa EMAS Satu Desa Satu BMT.

Selain itu, pertemuan tersebut juga merekomendasikan beberapa hal, pertama diantaranya adalah meminta kesediaan untuk Kyai Mahmud Zain menjadi Majelis Syuro ABSINDO.

"Permintaan itu sesuai amanah Kongres Nasional III ABSINDO di Jogjakarta tgl 25 - 26 Nop 2015," kata Aries.

Kemudian yang kedua, pertemuan membahas peningkatan BPRS Ummu untuk menjadi apex propinsi dan bank wakaf. "Dengan begitu bisa sekalian sebagai upaya crowdfunding dan sinergi dengan BMT lainnya di Sidogiri sekaligus masuknya BUMR PT MPI sebagai PS baru," jelas Aries yang aktif sebagai ketua Absindo itu.

Adapun masalah yang ketiga, yaitu membahas rencana atau roadmap BMT Sidogiri terkait dengan adanya UU LKM dan Permenkop yang baru serta penyelarasan dengan program kerja Absindo mendatang, yaitu Desa EMAS dan Undang-Undang Desa khususnya Dana Desa.

"Nah yang Keempat itu, progress Desa EMAS atau Qaryah Thayyibah Sidogiri," pungkas Aries.

Program SDSB ICMI adalah salah satu dari 2 program unggulan ICMI yang lahir dari hasil Silaknas ICMI di Gorontalo pada tahun 2014 lalu. Selain itu, ada program unggulan Bank wakaf yang diharapkan bisa bersinergi dengan program SDSB ICMI tersebut. ***L/IS/R1
[10:14 27/11/2015] Aries Muftie ICMI: Pertemuan berlangsung dari jam 9 malam sd jam 12 malam hari kamis di Markas Besar BMT UGT

Artikel Terkait

KOMENTAR

Posting comments after three months has been disabled.

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id atau redaksi@icmi.or.id . Untuk kerjasama iklan bisa kirim ke iklan@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved