ngaji-algibran.png

Lahan Wakaf Akan Diberdayakan Agar Produktif

Redaksi 12 June 2015 comments Bank Wakaf
Jakarta, (ICMI Media) - Untuk membuat tanah wakaf lebih produktif, Kementerian Agama melakukan kerjasama dengan Bappenas dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk membangun rumah susun (rusun) di atasnya.

Direktur Pemberdayaan Wakaf Kementerian Agama Hamka mengatakan, pihaknya  hanya akan menyediakan tanah wakafnya saja. Namun, untuk proses pembangunan akan dikerjakan kementerian terkait.

Ia menjelaskan, dengan membangun rusun di atas tanah wakaf. Maka tanah tersebut tidak dapat dijual atau dipindahkan hak kepemilikannya. Sehingga dalam proses pembangunannya, kementerian terkait tidak perlu khawatir akan sengketa lahan atau hal lainnya,

"Disamping untuk memproduktifkan tanah wakaf, rumah susun diperuntukkan untuk MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah). Kemenpera dan Bappenas mmebangun rusun untuk tujuan MBR. Kami hanya siapkan tanahnya saja, untuk diproduktifkan," ujar Hamka seperti dilaporkan Republika dan dikutip ICMI Media( 12/6).

Kasubdit Penyuluhan dan Kerjasama Wakaf Lemenag Ahmad Muhajir Algadri menambahkan, pada tahun ini ada lima lokasi tanah wakaf yang di atasnya akan dibangun rusun. Yakni,  Bojonegoro, Cilegon, Cakung, Cipayung, dan Makassar.

Pemilihan lokasi tersebut berdasarkan luas tanah yang dibutuhkan untuk  pembangunan rusun. Yakni seluas 4.000 meter persegi.

Selain berdasarkan luas tanah, pemilihan lokasi juga berdasarkan persetujuan nadzir sebagi pengelola wakaf. Jika nadzir tidak bersedia untuk dibangun rusun di atas tanah wakaf tersebut, maka kementerian agama tidak akan menyerahkan data tersebut kepada kementerian terkait.

Ia mengatakan, kementerian agama hanya bertindak sebagai penghubung antar nadzir dan Bappenas. Dengan adanya pembangunan rusun di atas tanah wakaf ini maka seluruh aset wakaf tidak ada yang telantar dan dapat diproduktifkan.***Awan/R1

sumber:Republika Online

 

Artikel Terkait

KOMENTAR

Posting comments after three months has been disabled.

Situs ICMI ini dikelola secara mandiri oleh Tim Media Center ICMI Pusat. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon: +62 21 7994466 atau email di sekretariat@icmi.or.id atau redaksi@icmi.or.id . Untuk kerjasama iklan bisa kirim ke iklan@icmi.or.id Selengkapnya

Copyright 2014 ICMI | All Rights Reserved