Home / Berita / Berita Nasional / Banyak Anonim Di Medsos Jadi Penyebab Hoax

Banyak Anonim di Medsos Jadi Penyebab Hoax


Posted on Senin, 18 Mar 2019 16:33 WIB


Banyak Anonim di Medsos Jadi Penyebab Hoax

Jakarta (ICMI Media) - Maraknya penggunaan media sosial (medsos) saat ini telah membuat ikut terjadinya pergeseran dan kesalahan salah fungsi dalam kehidupan kemasyarakatan dan gerakan politik.

Hal itu dikemukakan Ketua Koordinasi Politik Dalam Negeri Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Muhammad Qodari, beberapa waktu lalu di Jakarta pada sebuah ajang diskusi.

Menurut Qodari, penggunaan medsos tak hanya sekadar medium untuk menuliskan apa yang kita pikirkan dan mengubah opini publik, namun juga di setiap momentum politik kerap dijadikan "senjata tempur".

"Kalau di medsos, siapa saja bisa punya banyak kepribadian. Bisa banyak nama, banyak karakter, banyak gaya, berubah-ubah. Muncul anonimitas," ujar Qodari.

Akibat anonimitas personal di media sosial menyebabkan kini banyak terjadi kabar bohong atau informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya (hoax).

Dampak negatif lainnya dari pergeseran medsos yang menimbulkan anonimalitas adalah hilangnya etika bertanggung jawab terhadap perbuatan individu.

"Jadi budaya dan adat istiadat asli kita juga lenyap. Yang saling suka mengharga, menghormati, toleran," kata Qodari.

Itulah sebabnya, Qodari menuturkan, guna meredam hoax melalui media sosial, maka penting melakukan identifikasi data.

Qodari menjelaskan, identifikasi data tersebut dapat melalui pengecekan ke sumber langsung yang diserang hoax, melalui aplikasi pemeriksa hoax atau menelusuri berita media.

Sebagai informasi, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) merilis data bahwa penetrasi pengguna internet di Indonesia tahun 2018 telah sebanyak 143,26 juta jiwa atau 54,7% dari populasi.

Sedangkan riset Wearesosial Hootsuite pada Januari 2019 mengumumkan bahwa pengguna medsos di Indonesia mencapai 150 juta jiwa atau sebesar 56% dari populasi. (so/ed)


Tags : ICMI Peduli ICMI Pusat Pengurus ICMI Politik Sosial






Berita Terpopuler